Persahabatan Kera Dan Kambing

Oleh Tgl: September 8, 2013
kambing

Kera ini memang disenangi setiap binatang di sekitarnya bahkan dengan anjing bukan musuh baginya. Namun yang lebih unik lagi kera ini tidak mau lepas dari pundak kambing

Didiono

ILIR TALO – ANEH tapi nyata, begitulah kira-kira persahabatan antara kedua hewan beda jenis ini. Biasanya kera akan berkelompok dengan sesama jenisnya, hal serupa dilakukan seekor kambing yang selalu bergerombol bersama hewan sejenis. Namun hal itu tidak berlaku bagi kera dan kambing milik Didiono, warga Desa Penago II Kecamatan Ilir Talo Kabupaten Seluma.

Kera yang diberi nama Katau ini sudah sejak lama menjadi hewan peliharaan Didiono. Kedua hewan ini bahkan sangat akrab. Setiap hari, kera selalu berada di atas kambing. Uniknya, kambing tidak pulang ke kandang pasti kera tersebut menyusul dan mencari teman sejatinya. Demikian sebaliknya, ketika kera tidak pulang kambing menyusul kera untuk mengajaknya pulang.

Hal-hal yang dilakukan layaknya seorang sahabat kerap ditunjukkan kedua hewan ini. Termasuk untuk memenuhi makan keduanya. Kerap kali ketika kambing ingin makan dedaunan tapi tidak mampu menggapainya, seketika kera membantu dengan mengambil dedaunan yang diinginkan rekannya tersebut.

Diceritakan Didiono, kera tersebut sudah berusia sekitar tiga tahun. Sewaktu dipelihara, kera masih bayi dan diberi makan susu kaleng layaknya seorang bayi. Kera tersebut sudah lama dikenal warga sekitar dan menjadi hiburan warga Desa Penago II. Bahkan setiap pagi dan sore menjadi tontonan yang menarik bagi warga sekitar.

“Kera ini memang disenangi setiap binatang di sekitarnya bahkan dengan anjing bukan musuh baginya. Namun yang lebih unik lagi kera ini tidak mau lepas dari pundak kambing,” kata Didiono.

Persahabatan antara kera dengan kambing ini sudah berlangsung sejak tahun 2011 lalu. Ketika malam tiba, dua hewan berbeda tetap tidur di tempat yang berbeda. Kambing di kandang yang telah disediakan, begitu juga sang kera. Setiap hari kera diberi makan nasi oleh sang pemiliknya. Meski sayang dengan kedua hewan peliharaannya ini, Didiono mengaku siap menjual peliharaannya tersebut asalkan dibeli dengan harga yang tinggi. (cw10)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *