Panwaslu Jangan Hanya Tunggu Laporan

Oleh Tgl: September 3, 2013
Yancji

Kita minta Panwaslu jangan hanya menunggu laporan baru melakukan aksi dalam menertibkan atribut Parpol yang melanggar aturan

Yanchje Yohanes, MSi

BENGKULU TENGAH –  Kakan Kesbangpol Bengkulu Tengah (Benteng), Yanchje Yohanes, MSi menyesalkan lambatnya kerja dari Panwaslu Benteng dalam menertibkan atribut Parpol dan caleg yang penempatannya tak sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku.

“Kita minta Panwaslu jangan hanya menunggu laporan baru melakukan aksi dalam menertibkan atribut Parpol yang melanggar aturan,” sesal Yanchje, Selasa (3/9) ketika di temui di Kantor Bupati Benteng.

Yanchje menambanhkan, saat ini banyak dari atribut Parpol dan caleg yang bertebaran di sepanjang jalan jalur hijau dan tempat ibadah, yang di nilai melanggar aturan dan kesepakatan bersama tersebut.

“Tetapi yang terjadi saat ini, banyak oknum-oknum Parpol dan caleg melakukan pemasangan atribut-atribut mereka di sepanjang jalur hijau, fasilitas umun serta ada juga di depan Masjid Pagar Jati,” ungkapnya.

Yanchje juga mengatakan, dalam hal ini, sudah menjadi tugas dari Panwaslu untuk melakukan pengawasan dan penertiban serta menindak pelanggaean dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tersebut.

“Dalam hal ini, Panwaslu tidak perlu menunggu laporan baru mereka bekerja. Karena ini merupakan tugas mereka dalam melakukan pengawasan terhadap pelanggaran yang dilakukan peserta dan penyelenggara Pemilu,” ujar Yanchje.

Lebih lanjut dikatakannya, secara admistrasi Kesbagpol sudah menyampaikan surat permintaan kepada panwaslu untuk melakukan penertiban seluruh atribut-atribut kampaye peserta Pemilu yang tidak patuh terhadap aturan tersebut.

“Hanya saja, sampai saat ini belum terlihat respon positif dari Panwaslu. Ini terlihat dengan masih banyaknya atribut yang berserakan di titik-titik yang dilarang tersebut,” lanjutnya.

Menanggapi hal ini, Ketua Panwaslu Benteng, Meji Kasanova, membantah jika pihaknya tidak bekerja dan proaktif dalam penertiban tersebut.

“Kami menunggu laporan itu, maksudnya untuk dijadikan landasan bagi Panwas dalam melakukan kajian terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu,” ujar Meji (cw7)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *