Panwaslu Desak KPU Bengkulu Tengah Tetapkan Zona Kampanye

Oleh Tgl: September 26, 2013
1263921609_campaign

TALANG EMPAT – Belum adanya penetapan zona kampanye, khususnya untuk pemasangan atribut partai politik peserta Pemilu legeslatif 2014 oleh KPU Bengkulu Tengah (Benteng). Sementara itu waktu efektif pemberlakuan PKPU No 15 tahun 2013, tentang terubahan atas PKPU No 01 tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum anggota DPR,DPD dan DPRD, mulai Sabtu (28/9).

Dengan kondisi ini, Ketua Panwaslu Benteng, Meji Kasanova menegaskan, pihaknya meminta KPU Benteng untuk segera menetapkan zona kampenye bagi parpol peserta Pemilu tersebut.

“Waktu pemberlakukan PKPU itu tinggal 2 hari lagi. Namun hingga saat ini areal pemasangan atribut parpol tersebut belum juga ditentukan. Untuk itu, kami meminta KPU agar segera menetapkan zona tersebut,” ujar Meji Kasanova.

Meji mengatakan, hal ini bukan masalah sepele, karena menyangkut penertiban. Jika tidak ada penetuan zona atau areal kampanye bagi parpol tersebut, maka kedepan penertiban sulit dilakukan.

“Dengan kondisi ini, nantinya Parpol bisa berdalih dengan tidak mengetahui zona mana yang bisa digunakan untuk memasang artibut Parpol, karena tak ada penetapan zonanya,” jelas Meji.

Ditambahkannya, dalam penetapan zona pemasangan atribut parpol ini merupakan hak mutlak KPU. Jika dari Pemkab Benteng minim kepeduliannya terhadap rekomendasi KPU untuk melakukan sosialisasi terlebih dahulu. Maka penetuan lokasi pemasangan atribut parpol ini bisa dilakukan secara langsung KPU tanpa harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi Pemkab Benteng.

“Jika memang tak ada respon dari pemerintah daerah, maka KPU Benteng harus tetap mengambil keputusan. Untuk itu, kami minta KPU segera tetapkan zona pemasangan atribut parpol ini,” tegas Meji.

Sementara itu, Komisoner KPU Benteng, Divisi sosialisasi, Drs Bj Karneli mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat ke Pemkab Benteng, terkait penentuan zona pemasangan atribut parpol itu. Namun sampai saat ini belum anggapan dari Pemkab Benteng.

“Kami juga tahu jika 28 September ini aturan PKPU No 15 tahun 2013 itu sudah mulai diberlakukan. Tetapi kami8 masih menunggu tangapan surat telah kami sampaikan ke Pemkab Bdenteng. Jika tak ada juga responnya, maka dalam 1-2 hari ini zona itu akan kami tetapkan,” ujar Bj Karneli.(btg)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *