Palsukan Tandatangan, Kades Polisikan Bidan PTT

Oleh Tgl: September 10, 2013
bidan

Setelah saya cek ke Dukcapil, ternyata terbukti apa yang telah dilakukan keduanya. Mereka memalsukan tanda tangan serta cap desa, dengan membuat cap desa sendiri tanpa sepengetahuan kami

Kirman

SELUMA – Seorang Bidan PTT Tr (Nama inisial) bergelar A.Md Keb dan seorang Perawat Ni (Nama Inisial) diduga telah memalsukan tandatangan Kades Lawang Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Kirman Effendi, S.Sos. Akibatnya, kedua tenaga kesehatan ini harus berurusan dengan pihak kepolisian. Lantaran Kirman tidak terima dengan perbuatannya dan memilih melaporkan masalah ini ke Mapolsek Sukaraja.

Saat dikonfirmasi, Kirman mengaku, sudah lama menaruh curiga terkait pemalsuan ini. Kecurigaannya semakin bertambah setelah menemukan bukti fisik adanya formulir pelaporan kelahiran dan absensi bulanan yang menggunakan tanda tangannya dan cap palsu yang kedua tenaga kesehatan ini buat sendiri. Sampai akhirnya, Kirman melakukan penelusuran hingga ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Seluma.

Bermula dari kecurigaan terhadap pembuatan akte kelahiran tanpa sepengetahuan kades, yang idealnya harus diketahui kades. “Setelah saya cek ke Dukcapil, ternyata terbukti apa yang telah dilakukan keduanya. Mereka memalsukan tanda tangan serta cap desa, dengan membuat cap desa sendiri tanpa sepengetahuan kami,” Kirman menerangkan.

Setelah bukti-bukti sudah ada dan sudah dipegang perangkat desa, yakni sebanyak 3 akte kelahiran dan absensi bulanan. Akhirnya kedua tenaga kesehatan ini mengakui perbuatannya. Bahkan menurut pengakuan keduanya, mereka sudah memalsukan tanda tangan kades serta cap pada buku absensi bulanan sejak November 2012 lalu. Sedangkan pemalsuan tanda tangan serta cap desa pada pembuatan akte kelahiran sudah dilakukan sekitar bulan Juli hingga April.

“Dengan bukti yang ada, akhirnya mereka sudah mengakui perbuatan yang telah dilakukannya,” papar Kirman. Menyikapi pemalsuan ini, perangkat desa telah menggelar rapat dan berdasarkan kesepakatan bersama, kades melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Sukaraja guna ditindaklanjuti. (cw2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *