Mahasiswa Rentan Jadi Pemilih Ganda

Oleh Tgl: September 4, 2013
mahasiswa

Jika mereka terdaftar di dua daerah, tentu akan terjadi pemilih ganda, begitu juga sebaliknya jika mereka tidak terdata sama sekali, maka mereka tidak dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu DPR, DPD dan DPRD 2014 nanti

Irwan Saputra, SAg, MM

BENGKULU – Mahasiswa, khususnya mereka yang berasal dari luar Kota Bengkulu. Sangat berpotensi menjadi pemilih ganda atau tidak dapat memilih samal sekali dalam Pemilu DPR, DPD dan DPRD 2014 nanti.

“Kemungkinan itu bias saja terjadi,” ujar Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, SAg, MM, ketika dihubungi Bengkuluonline, Rabu (4/9).

Menurut Irwan dua kemungkinan itu bisa saja terjadi, andaikan mahasiswa yang bersangkutan didata atau terdaftar sebagai pemilih di daerah asalnya dan di daerah tempat saat ini mereka menuntut ilmu.

“Jika mereka terdaftar di dua daerah, tentu akan terjadi pemilih ganda, begitu juga sebaliknya jika mereka tidak terdata sama sekali, maka mereka tidak dapat memberikan hak suaranya dalam Pemilu DPR, DPD dan DPRD 2014 nanti,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Irwan berharap, agar para mahasiswa yang berasal dari luar Kota Bengkulu agar dapat pro aktif mengecek langsung dimana mereka tinggal atau berdomisili serta dapat juga mengeceknya di web KPU on line untuk memastikan apakah mereka sudah terdaftar atau belum. Selain itu, pihaknya juga berharap kepada petugas dilapangan, juga pro aktif mendatangi mahasiswa itu apakah mereka memilih di daerah asalnya atau tempat domisili mereka saat ini.

“Kita harapkan jika mereka belum terdaftar sama sekali, untuk dapat segera melaporkan kepada PPS setempat dan jika terdaftar di dua tempat, juga agar segera menentukan pilihannya, dimana mereka nantinya akan memberikan suaranya. Sehingga nantinya tidak ada pemilih ganda atau tidak memilih sama sekali,” harapnya.

Hanya saja Ketua KPU Provinsi Bengkulu belum dapat memastikan, apakah ada mahasiswa tersebut  yang  tidak terdaftar atau menjadi pemilih ganda.

“Saat ini kami belum bisa memastikannya, karena sampai saat ini masih proses persiapan untuk penetapan DPT di tingkat kabupaten/kota,” ujar Irwan.(Rz)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *