Kemeriahan Mewarnai Rafflesia Beach Festival

Oleh Tgl: September 27, 2013
Rafflesia Beach Festival

BENGKULU – Kemeriahan mewarnai pembukaan rangkaian acara Rafflesia Beach Festival Kemilau Sumatera 2013. Penampilan tari, seni budaya berbagai daerah tersaji di Lapangan Sport Centre Pantai Panjang Bengkulu. Acara pembukaan dan peresmian ini juga semakin berwarna berkat performance artis ibukota.

Bertajuk Discover Bengkulu The Land Of Raflesia, Gubernur Bengkulu H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd mengatakan makna penting penyelenggaraan festival ini. Guna mempromosikan tempat-tempat pariwisata, tempat-tempat bersejarah yang ada di Provinsi Bengkulu.

Selain itu, Gubernur juga dengan bangga mempromosikan batik basurek yang saat sekarang ini telah diakui eksistensinya. Akan tetapi, sukses menggelar Rafflesia Beach Festival, ternyata tidak membuat puas sang Gubernur. Lantaran Gubernur juga akan merencanakan pergelaran festival di Pulau Enggano. Menarik untuk ditunggu realisasinya.

Rasa bangga juga dikemukakan Kepala LIPI Pusat Prof. Dr. Lukman Hakim. Ia mengatakan, penyelenggaraan LIPI Expo di Bengkulu merupakan kali pertama digelar di luar Jakarta.

“Waktu itu, Gubernur meminta secara langsung penyelenggaraan LIPI Expo di Bengkulu, kita langsung mengiyakan dengan berbagai pertimbangan, salah satunya karena LIPI sudah cukup lama melakukan penelitian di Bengkulu,” terang Lukman Hakim.

Selanjutnya, ucapan syukur dan terima kasih disampaikan perwakilan Kementerian Pariwisata atas penyelenggaran festival ini. Dikatakannya, Kemilau Sumatera Tahun 2013 ini memiliki warna tersendiri lantaran 3 rangkaian kegiatan tersaji dalam satu konsepsi. Yakni Bengkulu Expo, LIPI Expo dan Rafflesia Beach Festival.

“Semuanya bermuara pada satu tujuan untuk mempromosikan potensi wisata, seni budaya dan hasil kreatifitas. Karya seni bernilai tinggi, perlu kita kembangkan sehingga industri pariwisata semakin mempesona,” pungkasnya.

Sementara itu, antusias masyarakat Bengkulu terhadap Rafflesia Beach Festival sangatlah tinggi. Ini terlihat saat acara pembukaan, yang mana masyarakat membludak membanjiri areal Sport Centre guna memberikan dukungannya terhadap langkah maju menatap dunia pariwisata Bengkulu. (cw2)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *