Didemo KKT, Dewan Siap Anggarkan Dana Tabot

Oleh Tgl: September 9, 2013
ARAK-ARAKAN-TABOT

Namun apa yang menjadi kebutuhan KKT, DPRD siap memperjuangkannya

Hj. Rosnaidi Abidin, S.Sos

BENGKULU – DPRD Provinsi Bengkulu akhirnya menyatakan kesiapannya guna memperjuangkan dianggarkannya sejumlah dana untuk kebutuhan pelaksanaan Tabot. Setelah puluhan orang yang tergabung dalam Kerukunan Keluarga Tabot (KKT) Provinsi Bengkulu menggelar aksi demonstrasi Senin siang (9/9).

Sebelum menyampaikan orasinya, aksi unjuk rasa yang mendapatkan pengawalan ketat aparat Kepolisian ini diawali dengan pertunjukan ala Tabot yang dimainkan sejumlah anggota KKT. Saat berorasi, salah satu orator mengatakan, akar dari Bhinneka Tunggal Ika adalah budaya dan Tabot merupakan budaya yang mempresentasikan Bengkulu.

“Kami orang budaya, budaya kami jangan disenggol-senggol, untuk itu kami datang guna mempertanyakan apa yang menjadi alasan Komisi 4 mencoret anggaran dana untuk pelaksanaan Tabot,” kata Orator KKT.

Selanjutnya, ia menegaskan, meskipun nanti pemerintah dan DPRD tetap tidak menganggarkannya, sejumlah rangkaian acara Tabot akan tetap terlaksana. Untuk itu, ia mengajak seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu untuk menyelamatkan kebudayaan yang sejak dulu menjadi kekhasan Bumi Rafflesia ini.

Tak lama berselang, Hj. Rosnaidi Abidin, S.Sos, Okto Berto, Burhan Dari dan sejumlah perwakilan DPRD Provinsi Bengkulu segera menemui demonstran. Kemudian menggelar hearing di pelataran gedung dewan. Setelah berdialog, kemudian Ketua KKT Ir. Syafril Syahbuddin mengemukakan apa yang menjadi alasan KKT menggelar aksi unjuk rasa. Anggota dewan berjanji segera mencari solusi terbaik mengenai polemik ini. DPRD provinsi akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan dinas terkait.

Selain itu, terkait pencoretan anggaran dana Tabot, perwakilan Komisi 4 beralasan karena dinas terkait belum menyampaikannya secara khusus. Juga belum berkoordinasi dengan Biro Keuangan Pemprov. “Namun apa yang menjadi kebutuhan KKT, DPRD siap memperjuangkannya,” pungkasnya. (cw2)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *