Ambil Kartu Kuning, “Pengganguran” Dimintai Uang

Oleh Tgl: September 9, 2013
kartu kuning

Katanya gratis, tapi kenyataannya kami masih dimintai sejumlah uang saat akan mengambil kartu kuning itu

Rafliansyah

BENTENG – Untuk mendapatkan kartu kuning di Dinsosnakertrans Bengkulu Tengah (Benteng). Para “pengganguran” atau  pencari kerja, dkenai punggutan liar (pungli) dari oknum pegawai Dinsosnakertrans, yang besarannya bervariasi, mulai Rp 5 ribu sampai Rp 50 ribu.

 Tentu saja hal ini memberatkan para “penganguran” yang membutuhkan kartu kuning itu, sebagai salah satu syarat untuk kelengkapan berkas lamaran kerjanya.
Apalagi, sebelumnya mereka ketahui kalau pembuatan kartu kuning itu tidak ada dipunggut biaya.
“Katanya gratis, tapi kenyataannya kami masih dimintai sejumlah uang saat akan mengambil kartu kuning itu,” ujar Rafliansyah , salah seorang pengangguran yang mengurus kartu kuning tersebut.
Dikatakannya, saat dirinya ingin mengurus kartu kuning memang tidak dikenai biaya. Namun, pada saat ingin mengambil kartu kuning tersebut, dirinya dimintai uang dengan alasan sukarela.
“Kalau memang sukarela, mestinya tidak perlu diminta oleh petugas dari Dinsosnakertrans tersebut. Saya terkejut, padahal katanya tidak dipungut biaya. Punggutan itu tentu memberatkan kami yang akan mulai mencari kerja ,” ungkapnya, yang terpaksa membatalkan untuk mengabil kartu kuning karena disaat itu dirinya tidak membawa uang.Ketika hal ini dikonfirmasi ke Kadinsosnakertrans Benteng, Meizuar SH, dirinya  selaku pimpinan tidak pernah memerintahkan adanya pungutan tersebut dan tanpa sepengetahuannya.

“Saya sama sekali tak mengetahuinya dan sama sekali tidak ada perintah pungutan itu,” ujar Meizuar.
Ditambahkannya, jikapun itu ada, hal itu ulah oknum. Dirinya juga sudah memberitahukan kepada oknum yang melakukan pungli itu agar tidak mengambil uang dari masyarakat yang mengurus kartu kuning. Mengenai uang yang telah diambil, dirinya sudah memerintahkan untuk dikembalikan lagi.

“Saya sudah memanggil dan menegur oknum tersebut serta memerintahkannya agar pungutan yang katanya pungutan sukarela itu untuk segera dikembalikan,” tutupnya.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *