Tiga Hakim Konstitusi Ucapkan Sumpah di Hadapan Presiden

Oleh Tgl: August 13, 2013

Jakarta – Tiga Hakim Konstitusi mengucapkan sumpah di hadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Istana Negara, Selasa (13/8) pukul 10.30 WIB. Ketiga Hakim Konstitusi tersebut adalah Akil Mochtar, Maria Farida, dan Patrialis Akbar. Pengangkatan Akil Mochtar selaku hakim konstitusi tertuang di dalam Kepres No. 42/P tahun 2013, sementara Maria Farida dan Patrialis Akbar tertuang pada Kepres No. 87/P tahun 2013.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pengucapan sumpah. “Demi Allah, saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Hakim Konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945, dan menjalanakan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata ketiga Hakim Konstitusi di hadapan Presiden SBY.

Usai pengucapan sumpah, dilanjutkan dengan serah terima berita acara pelantikan yang ditandatangani Presiden SBY, kemudian ditutup dengan lagu Indonesia Raya dan Bagimu Negeri.

Akil Mochtar yang juga menjabat ketua MK menggantikan Mahfud MD, merupakan Hakim Konstitusi yang terpilih dari jalur DPR pada 2008. Sebelum masa jabatannnya berakhir pada 16 Agustus 2013, DPR memutuskan untuk memperpanjang masa jabatannya hingga 2018. Senada dengan Akil, Maria Farida yang masa jabatannya berakhir pada 19 Agustus 2013 ditunjuk kembali oleh Presiden untuk menjadi Hakim Konstitusi. Sedangkan Patrialis Akbar menggantikan Achmad Sodiki yang masa jabatannya berakhir pada Agustus 2013.

Hadir dalam pengambilan sumpah tersebut, Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono dan Ibu Herawati Boediono, serta sejumlah menteri KIB II, diantaranya Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menlu Marty Natalegawa, Mendagri Gamawan Fauzi, Menperin MS Hidayat, dan Menhub EE Mangindaan.

Sumber : Website Resmi Presiden SBY





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *