Sidak di Hari Pertama Kerja Ratusan PNS Belum Ngantor

Oleh Tgl: August 12, 2013
sidak

Dari data yang kita himpun sebanyak 20 orang PNS tidak masuk tanpa izin, 135 orang cuti tahunan dan cuti bersalin, 60 orang izin sakit dan 5 orang PNS Pemprov terlambat

Drs.Rusdi Bakar

BENGKULU  – Meski sebelumnya sudah diingatkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilingkungan pemerintah Provinsi Bengkulu untuk masuk kerja dihari pertama, tampaknya peringatan yang dikoar oleh Gubernur H. Junaidi Hamsyah itu dianggap angin lalu saja, pasalnya dari sidak yang dipimpin langsung oleh Gubernur H. Junaidi Hamsyah, S.Ag, M.Pd dan Wagub Sultan B Najamudin banyak ditemukan PNS yang belum masuk kerja.

Kepala Satpol PP Provinsi Bengkulu Drs.Rusdi Bakar mengatakan bahwa berdasakan absensi pada hari pertama kerja setelah libur lebaran, cukup banyak PNS dilingkungan Pemprov belum berkantor. Hasil rekap sementara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi, sebanyak 20 orang PNS tidak masuk tanpa izin, 135 orang cuti tahunan dan cuti bersalin, 60 orang izin sakit dan 5 orang PNS Pemprov terlambat.

“Dari data yang kita himpun sebanyak 20 orang PNS tidak masuk tanpa izin, 135 orang cuti tahunan dan cuti bersalin, 60 orang izin sakit dan 5 orang PNS Pemprov terlambat,” Ungkapnya.

Dari data tersebut, Rusdi mengatakan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dari 48 SKPD,  Baru 18 yang melaporkan absensi hari pertama masuk kerja setelah liburan panjang, lebaran Idul Fitri 1434 Hijriah. Absensi ini ada yang dilaporkan langsung ke Satpol PP dan ada yang diambil oleh Satpol PP ke kantor masing-masing.

Namun Rusdi menyampaikan bahwa data tersebut masih bersifat sementara. Karena pihaknya masih menghimpun absensi yang belum masuk, seperti Badan Koordinasi Penyuluh dan memverifikasi hasil absensi pada apel pagi kemarin.

“Data yang kita terima belum 100 persen sebab baru dari 18 SKPD dari 48 SKPD yang ada dilingkungan Pemprov. Hingga malam ini atau besok (hari ini,red) data absensi masih kami proses,” kata Rusdi, Senin (12/8).

Setelah keseluruhan absensi hari pertama berkantor setelah libur idul fitri selesai diproses dan terkumpul, Satpol PP akan meyerahkan data itu kepada Sekda Provinsi. Sesuai Peraturan Pemerintah nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS, Sekda Provinsi akan menegur atasan PNS yang tidak berkantor tanpa alasan jelas atau membolos.

“Setiap tahunnya kami melakukan pendataan dan ini merupakan kewenangan kami. Tindak lanjutnya merupakan kewenangan Sekda,”Demikian Rusdi.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *