SBY Tinjau Posko Angkutan Lebaran Terpadu

Oleh Tgl: August 5, 2013

Memang berat, namun laksanakan tugas dengan baik. Saya berharap mudik Lebaran 2013 dapat terlaksana dengan lebih tertib, lancar, aman, dan selamat sampai tujuan

Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta – Setelah inspeksi mendadak ke Pelabuhan Tanjung Priok, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melanjutkan memantau Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu 2013, di Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Minggu (4/8) siang.

Wakil Menhub Bambang Susantono dalam penjelasannya menyampaikan, salah satu tujuan dibentuknya posko ni adalah untuk melaksanakan pemantauan dan pengendalian lalu lintas dan angkutan Lebaran terpadu 2013. Posko juga berfungsi untuk memantapkan koordinasi antar petugas instansi terkait serta pihak-pihak di luar pemerintah.

“Dengan keberadaan posko terpadu ini permasalahan dan kendala di lapangan dapat cepat diketahui serta dapat cepat pula dicarikan jalan keluarnya, sehingga diharapkan angkutan Lebaran tahun 2013 dapat terlaksana dengan lebih tertib, lancar, aman, dan selamat sampai tujuan,” kata Bambang.

Pada tahun ini diperkirakan jumlah pemudik menggunakan angkutan umum ada 18.098.837 orang. Sementara itu jumlah kendaraan pribadi sebanyak 3.027.263 unit. Untuk sepeda motor dan mobil pribadi sebanyak 1.756.775 unit.

“Kondisi ini menyebabkan ketersediaan sarana dan prasarana tidak mungkin memenuhi kebutuhan mobilitas yang terjadi sesaat dalam jumlah sebanyak itu. Oleh karena itu yang dapat dilakukan pemerintah adalah melakukan pengaturan sehingga kapasitas yang ada dapat berfungsi seoptimal mungkin mungkin untuk melayani,” Bambang menjelaskan.

Dikutip dari website resmi presiden, Pada kesempatan ini Presiden SBY melakukan video conference dan saluran telepon dengan pihak-pihak di lapangan, antara lain dengan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Fery Danang Baskoro dan Nakhoda KM. Bukit Siguntang Muhadi.

Presiden dalam arahannya berpesan, agar posko Pelabuhan Merak, Banten, dan Tanjung Perak, Surabaya, betul-betul bekerja 24 jam. “Memang berat, namun laksanakan tugas dengan baik. Saya berharap mudik Lebaran 2013 dapat terlaksana dengan lebih tertib, lancar, aman, dan selamat sampai tujuan,” ujar Presiden SBY.

Para petugas juga diminta memberikan informasi situasi lalu lintas setiap kepada pemudik. “Jangan pernah berhenti menjelaskan kepada para penumpang agar mereka tahu kalau bapak-bapak sekalian bekerja. Beritahu segala keadaan yang ada, agar penumpang merasa lebih tenang,” SBY berpesan.

Hadir dalam sidak ini Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Seskab Dipo Alam, Mensesneg Sudi Silalahi, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, dan KSAL Laksamana TNI Marsetio.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *