SBY Lepas 1.500 Pemudik dengan KRI Banda Aceh

Oleh Tgl: August 5, 2013
pemudik sama sby

Kami senang dan bersyukur karena pemerintah bisa membantu saudara-saudara kita, termasuk bapak dan ibu, untuk berkunjung menemui sanak saudara, halal bihalal dalam rangka perayaan Idul Fitri

Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, didampingi Wapres Boedino, inspeksi mendadak (sidak) ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu (4/8) siang. Sidak untuk melihat kesiapan dan persiapan pemerintah, khususnya TNI AL, dalam mengerahkan kapal-kapal perang untuk membantu melancarkan kegiatan mudik Idul Fitri 1434 H. Presiden juga melepas KRI Banda Aceh-593 yang membawa 1.500 pemudik ke Semarang, Jawa Tengah. Layanan ini gratis.

Begitu tiba di KRI Banda Aceh-593, Presiden disambut pemudik yang sudah datang sejak pagi. “Kami senang dan bersyukur karena pemerintah bisa membantu saudara-saudara kita, termasuk bapak dan ibu, untuk berkunjung menemui sanak saudara, halal bihalal dalam rangka perayaan Idul Fitri,” kata SBY.

Presiden berpesan kepada para pemudik untuk tetap menjaga kemananan dan keselamatan di dalam perjalanan, termasuk saat mengendarai motor nanti. “Itu yang paling pokok dan penting. Selama di kapal, kalau ombaknya goyang-goyang, agak pusing, boleh pergi keluar sebentar menghirup udara segar dan insya Allah sehat lagi,” SBY mengingatkan.

“Salam untuk keluarga di rumah. Selamat Hari Raya Idul Fitri. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. Semoga Allah SWT melindungi dan memberikan keselamatan bagi kita semua,” ujar SBY saat menutup sambutan singkatnya.

Salah satu penumpang yang datang dengan motornya, Karyo asal Purwodadi, Jawa Tengah, mengaku senang dengan adanya mudik gratis ini. Karyo bangga bisa merasakan naik kapal perang untuk pertama kalinya. “Saya senang karena ini gratis dan kapal perang lagi. Kapan lagi bisa merasakan kapal perang sekalian mudik,” ujar Karyo.

Untuk mengikuti mudik gratis dengan kapal perang ini, para calon penumpang mendaftarkan diri di kantor Kolinlamil Jakarta Utara, kantor PT. Pelni, kantor Ditjen Perhubungan Laut Kemenhub, dan OP Tanjung Priok Jakarta Utara. Selain KRI Banda Aceh-593, TNI AL juga menyiapkan KRI Surabaya-591 dan KRI Teluk Mandar-514 sebagai antisipasi untuk mendukung angkutan mudik Lebaran tahun ini.

Selama pelayaran dari Jakarta menuju Semarang, seluruh penumpang juga memperoleh jatah makan, fasilitas kesehatan, dan hiburan secara gratis.
 
Hadir dalam sidak ini Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menteri Perhubungan EE Mangindaan, Seskab Dipo Alam, Mensesneg Sudi Silalahi, dan KSAL Laksamana TNI Marsetio.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *