SBY : Jadikan Gerakan Pramuka Wadah Membangun Bangsa yang Luhur dan Mulia

Oleh Tgl: August 15, 2013

Menuju bangsa yang berkarakter dan bermartabat harus dimulai sejak dini. Pramuka bisa menjadi wadah untuk membangun bangsa yang luhur dan mulia

Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta – Peringatan Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka yang jatuh setiap 14 Agustus kembali digelar. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun kembali menjadi Pembina Upacara Peringatan HUT ke-52 Gerakan Pramuka ini. Rabu (14/8) pukul 15.30, dengan menggunakan seragam pramuka, Presiden SBY didampingi Ibu Negara Hj Ani Bambang Yudhoyono tiba di Lapangan Gajah Mada, Kompleks Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur.

Hari Pramuka tahun 2013 yang mengambil tema “Wujudkan Bangsa yang Berkarakter dan Bermartabat Melalui Gerakan Pramuka” resmi dimulai pukul 16.00, diikuti oleh pramuka penggalang dan penegak utusan Kwartir Daerah Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Di awal amanahnya, Presiden SBY menyampaikan harapan agar peringatan Gerakan Pramuka ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan peranan dan aktifitas Pramuka sebagai organisasi kepanduan untuk membangun tunas-tunas muda bangsa Indonesia.

SBY menilai tema yang diusung peringatan tahun ini sangatlah tepat. “Menuju bangsa yang berkarakter dan bermartabat harus dimulai sejak dini. Pramuka bisa menjadi wadah untuk membangun bangsa yang luhur dan mulia,” kata Presiden.

Kepala Negara juga berharap pada kemerdekaan Indonesia yang ke 100 tahun nanti, Indonesia dapat tampil sebagai bangsa yang unggul dan maju. “Adik-adik akan menjadi penggerak utama kemajuan bangsa,” Presiden menyampaikan.

Kepala Negara juga mengalungkan dan menyematkan tanda penghargaan Gerakan Pramuka kepada 27 penerima. 16 penerima Lencana Melati, 6 penerima Lencana Dharma Bakti, 3 penerima Lencana Satyawira Utama, 1 penerima Lencana Pancawarsa Utama, dan 1 penerima Lencana Teladan.

Di akhir upacara ditampilkan persembahan kesenian tari nusantara dari 100 Pramuka luar biasa dari Kwarda DKI Jakarta.

Hadir dalam peringatan kali ini diantaranya, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menhub EE Mangidaan, Mendikbud Muhammad Nuh, Menpora Roy Suryo, Menteri LH Baltazar Kambuaya, dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *