Pengurusan Sertifikat Prona Digratiskan

Oleh Tgl: August 26, 2013

TALANG EMPAT- Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bengkulu Tengah menyampaikan  Program Nasional Pensertifikatan Tanah (Prona) merupakan program karena sudah dibiayai oleh negara dan menjadi program nasional.

Badan Pertanahan Nasional (BPN) Bengkulu Tengah Jamalundi, SH kepada Jurnalis (26/8) menerangkan “Bahwa Pengurusan sartifikat dengan mengunakan program Nasional Pensertifikatan Tanah (Prona) tidak akan di punggut biaya (Gratis),”katanya Senin (26/8) sore.

BPN sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat bahwa tidak ada biaya dalam pengurusan sartifikat tanah dengan melalui Program Nasional (Prona) tersebut.

Bulan juni yang lalu, kata Jamal  BPN sudah mengeluarkan Sertifikat Prona sebanyak 2600 persil yang di bagikan kepada 48 desa se-kabupaten Bengkulu Tengah, tiap desa kita berikan kisaran 70, 50 dan 40 Persil secara transpran.

Menanggapi isue yang beredar bahwa ada oknum BPN yang melakukan pungli sebesar 500ribu sampai 700 ribu Jamal membatah hal tersebut “Itu tidak benar, tetapi kalau biaya yang di keluarkan untuk membeli materai dan akomodasi saksi dalam pengukuran, itu boleh saja,” Jelas Jamal.

Jamal menegaskan “Prona adalah program yang gratis dan tidak di perbolehkan di pungut biaya se-sen pun. Bila di ketahui ada dari oknum BPN yang nakal melakukan pemungutan liar (Pungli) akan kita berikan saksi peringatan sampai pada saksi pemecatan,” Akhir Jamal (cw7).





One Comment

  1. Sutrisno, SE

    April 10, 2014 at 10:09

    hari gini ada yang gratis ?
    Logis ajalah, kita belanja ditoko aja kena parkir masa mau ngurus tanah minta gratis ya lucu tau….
    Bagi sayo pribadi kena biaya wajar aja asal tidak memberatkan warga serta prosesnya cepat sehingga bisa menguntungkan negara dari sisi pendapatan/pajak dan menguntungkan warga karena dengan adanya status kepemilikan tanah yang jelas akan menimbulkan rasa aman serta harga jual tanah tinggi., CAK MANO NDAN, SAMO2 UNTUNG KAN…..?

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *