Pengesahan Raperda Gizi Ditargetkan Lusa

Oleh Tgl: August 26, 2013

Selain itu, Raperda inisiatif Dewan Propinsi ini juga mengatur tentang kewajiban pemerintah terhadap bidang kesehatan, diantara-nya menganggarkan dana dalam APBD sebesar 10 persen, diluar gaji pegawai

Sefti Yuslinah

BENGKULU – Walupun pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Raperda tentang Perbaikan Gizi di Propinsi Bengkulu hingga kini masih dalam tahap pembahasan oleh Komisi IV DPRD Propinsi Bengkulu, namun untuk pengesahan menjadi Perda telah ditargetkan akan dilaksanakan pada 28 Agustus 2013 mendatang.

Dari sisi pejabat Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah pun mendukung inisiasi anggota Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu ini, ditambah lagi Komisi IV DPRD Propinsi Bengkulu telah melakukan uji public terhadap Raperda tentang Perbaikan Gizi untuk Ibu hamil dan ketika menyesui, Bayi, Balita, anak-anak hingga Remaja.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Propinsi Bengkulu Sefti Yuslinah disela-sela Uji Publik Raperda Perbaikan Gizi mengatakan, pihaknya saat ini telah menerima dan masih akan menerima berbagai masukan, saran dan kritikan terhadap Raperda Perbaikan Gizi ini, sebelum disahkan DPRD Propinsi Bengkulu.

“Dalam Raperda ini mengatur tentang pola hidup dan makan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berada dibawah garis kemiskinan diakui masih sangat terbatas,” ujarnya.

Apalagi yang sangat rentan terjadi kasus asupan gizi kurang ini kata Politisi Perempuan PKS ini, sering terjadi pada ibu hamil dan menyusui, anak-anak hingga remaja.

“Selain itu, Raperda inisiatif Dewan Propinsi ini juga mengatur tentang kewajiban pemerintah terhadap bidang kesehatan, diantara-nya menganggarkan dana dalam APBD sebesar 10 persen, diluar gaji pegawai,” lanjutnya.

Bahkan dalam amanat undang undang, sebutnya, pemerintah daerah juga harus menyediakan dan memberikan fasilitas dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat hingga ke daerah yang pelosok.

Untuk itu ia berharap, tidak saja Pemerintah Propinsi Bengkulu, akan tetapi juga Pemerintah Kabupaten dan Kota agar dapat merealisasikan kebijakan Pemerintah ini.(Cy*)

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *