Passing Grade Tes CPNS Ditetapkan pada 16 Agustus

Oleh Tgl: August 11, 2013

BENGKULU – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil tinggal menghitung waktu karena itu dalam waktu dekat ini KEMENPAN RI akan menetapkan  nilai ambang batas atau passing grade tes CPNS tahun 2013 dan dipastikan pada 16 Agustus mendatang sudah bisa mengantongi batas ambang untuk jadi PNS ini.

Jika melirik ke tahun sebelumnya KEMENPAN RI pada tahun 2012 menetapkan nilai Passing Grade kelulusan tes CPNS minimal 55, dengan syarat pada 3 soal tipe tes harus juga memenuhi passing grade masing masing dan biasanya passing grade untuk tahun 2013 ini tidak akan berubah jauh dari tahun sebelumnya.

Informasi yang dihimpun dari Kemenpan RI ini Soal tes terdiri dari 3 tipe yakni tes karakteristik pribadi, tes intelegensia umum dan tes wawasan kebangsaan. Kalau pada tahun 2012 dengan nilai passing grade 55 saja, hanya 35 persen yang lulus dari 165 ribu peserta secara keseluruhan se-Indonesia hal ini karena Kemenpan menyeleksi secara ketat apabila salah satu bidang tes nilainya di bawah passing grade, tetap  tidak akan lulus.
Selain sistem seleksi Kemenpan juga akan menetapkan sistem perangkingan sesuai kuota formasi yang dibutuhkan, Ketentuannya dimana peserta yang sudah meraih nilai passing grade akan diurutkan berdasarkan nilai  tertinggi ntuk merebut kursi abdi negara yang didambakan banyak irang ini.(Cy*)

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *