Melanggar, Atribut Kampanye Rio Capella Terancam Dicopot KPU

Oleh Tgl: August 28, 2013

Pemanggilan ini menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Provinsi yang menyebutkan bahwa pemasangan alat peraga dari partai Nasdem dinilai telah melanggar dan harus ditertibkan

Zainan Sagiman, SH

BENGKULU – Pasca dianggap melanggar PKPU nomor 1 tahun 2013 tentang alat peraga kampanye oleh Bawaslu beberapa hari lalu, akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu ambil tindakan terkait pemasangan baliho foto Ketua Umum partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh dan Sejken Rio Capella yang terpasang di Simpang Empat Padang Harapan, Kota Bengkulu.

Juru bicara Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman, SH mengatakan bahwa pihaknya akan memanggil pihak ketiga yang dinilai oleh Bawaslu melanggar tersebut.

“Pemanggilan ini menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu Provinsi yang menyebutkan bahwa pemasangan alat peraga dari partai Nasdem dinilai telah melanggar dan harus ditertibkan,” ujarnya.

Selanjutnya, pihaknya akan berupaya membuat MOU dengan pihak pengelola iklan, agar ada pengaturan pemasangan sehingga tidak merugikan partai lain. “Jika pihak pengelola iklan tidak bisa mengatur pemasangan iklan, maka akan segera kita tetapkan sebagai pelanggaran,” tegasnya.

Menurut Zainan, pemasangan iklan memang harus diatur agar tidak terkesan memonopoli, sehingga setiap parpol memiliki kesempatan yang sama untuk beriklan.

Hingga saat ini KPU baru menerima dua rekomendasi bawaslu soal dugaan pelanggaran kampanye pemilu yakni Nasdem dan PKS. “Kalau PKS memasang spanduk di jalan prorotok depan Polda. Sudah kita tindaklanjuti dan saat ini spanduknya sudah ditarik kembali,” katanya.

Sementara itu, pantauan di lapangan baliho besar yang memasang foto Surya Paloh dan Rio Capella itu hingga kini masih terpasang di Simpang Padang Harapan. Baliho tersebut paling besar diantara baliho yang lain.(900).





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *