Lebaran Telah Usai, Harga Bawang Merah Masih Mengudara

Oleh Tgl: August 13, 2013
bawang M

Sekarang kita jualnya seons Rp 6000,- . Kalau sebelum lebaran kita bisa jual Rp 48.000,- sampai Rp 54.000,- per kilogramnya

Ayu

BENGKULU – Jika selama Ramadhan dan Idul Fitri, harga bawang merah di pasaran melonjak masih bisa ditoleransi karena memang sudah menjadi tradisi naiknya kebutuhan pokok pada momen-momen tersebut. Namun  yang menjadi pertanyaan, mengapa harga bawang merah masih melambung Kendati Lebaran telah usai.

Berdasarkan pantauan jurnalis bengkuluonline.com harga bawang merah di Pasar Tradisional Modern (PTM) Bengkulu dan Pasar Minggu terdapat kenaikan pada hargabawang merah yang sudah mencapai Rp 60.000,- per kilogramnya.

Ayu (30th) pedagang bawang merah mengaku sebelumnya harga bawang merah berada di kisaran Rp 48.000,- sampai Rp 54.000,- per kilogramnya.

“Sekarang kita jualnya seons Rp 6000,- . Kalau sebelum lebaran kita bisa jual Rp 48.000,- sampai Rp 54.000,- per kilogramnya,” Ungkapnya, Selasa (13/8) di Pasar Minggu.

Ayu selaku pedagang pengecer ini menjelaskan meski terjadi kenaikan pada bawang merah, namun tidak membuat kualitasnya membaik dimana Bawang yang  dia ambil dari supplier berwarna merah yang kurang terang. Ditanya lebih jauh, menurutnya naiknya harga bawang ini karena pasokan bawang merah yang terbatas.

“Karena pasokannya terbatas, lihatlah bawangnya walaupun nyambutnya mahal tetapi kualitasnya kurang baik,” Kata Ayu.

Ayu menceritakan meski terjadi kenaikan pada Bawang Merah namun kenaikan harga tidak berlaku untuk Bawang Putih, Sampai saat ini, Katanya harga Bawang Putih Masih berada di kisaran Rp 16.000,- sampai Rp 20.000,- perkilogramnya.

“Sekarang gantian giliran Bawang Merah yang naik, kalau harga Bawang Putih Rp 16.000,- sampai Rp 20.000,- perkilogramnya jauh lebih murah di banding Bawang Merah,” Katanya lagi.

Sementara itu ditempat yang berbeda Novi (30) supplier atau toke Bawang merah dan bawang putih di pasar Panorama mengaku kenaikan harga bawang disebabkan oleh menurunnya pasokan dari Kabupaten Brebes yang merupakan sentra bawang.(Cy*)

 

 





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *