Jamkesprov Dihapuskan, Pasien Tanggung Biaya Cuci Darah Sendiri

Oleh Tgl: August 29, 2013
cuci_darah

Jadi sisa anggaran yang ada hanya Rp 2,7 miliar, itu kita prioritaskan untuk pengobatan pasien jamkesprov kritis

Drg Daisy Novira

Bengkulu – Pasien cuci darah dari keluarga tidak mampu yang ada di Bengkulu mesti gigit jari pasalnya terhitung 1 September 2013 mereka diwajibkan untuk membayar sendiri  biaya cuci darah sebab tidak ada lagi Jaminan Kesehatan Provinsi (Jamkesprov) alias dihapuskan karena anggaran yang telah habis.

Pasien yang tidak ingin identitasnya berinisial RS misalnya yang selama ini cuci darah ditanggung oleh dana jamkesprov merasa keberatan jika harus membayar Rp 900.000 setiap cuci darah.

“Saya menderita gagal ginjal dan melakukan cuci darah sebulan dua kali, jika harus membayar kita tidak mampu,” katanya. Kamis (29/8).

Dijelaskannya pada bulan Agustus masih mendapatkan pelayanan Jamkesprov untuk cuci darah.  namun disebabkan hidupnya sangat bergantung dengan cuci darah, RS mengharapkan pemerintah dapat menanggung biaya cuci darah melalui dana Jamkesprov.

Dilain pihak Drg Daisy Novira, selaku Direktur rumah Sakit umum M Yunus (RSMY) Bengkulu saat ditemui usai rapat dengan Wakil Ketua II DPRD Provinsi Bengkulu Ahmad Zarkasih mengakui adanya penyetopan dana cuci darah bagi pasien tidak mampu per 1 september 2013.

“Jadi sisa anggaran yang ada hanya Rp 2,7 miliar, itu kita prioritaskan untuk pengobatan pasien jamkesprov kritis,” katanya.

Daisy mengatakan pertemuannya dengan Wakil Ketua DPRD Provinsi Bengkulu salah satunya membahas dana tersebut. Karena ia mengakui jika dibebankan kepada pasien Jamkesprov hal tersebut memberatkan, namun pihaknya tidak dapat berbuat banyak karena biaya cuci darah cukup banyak menyedot anggaran.

Dari data Badan Anggaran DPRD Provinsi Bengkulu anggaran Jamkesprov pada APBD Perubahan hanya dianggarkan Rp 9 miliar sedangkan, jelas Daisy hutang per 28 Agustus 2013 mencapai Rp 6,3 Miliar.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

You might also likeclose