Jaga Stabilitas Rupiah Pemerintah Genjot Investasi

Oleh Tgl: August 22, 2013
sby

Untuk menjaga pertumbuhan pemerintah akan terus menggerakan, mempercepat, dan mengimplementasikan rencana dan persiapan implementasi di berbagai bidang. Kebijakan pemerintah yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat utamanya adalah mengandalkan sisi investasi

Susilo Bambang Yudhoyono

Jakarta – Untuk menjaga stabilitas nilai rupiah dan pertumbuhan, pemerintah akan menempuh sejumlah langkah, antara lain, menggenjot investasi, menyeimbangkan ekspor dan impor, dan menjaga tingkat inflasi. Pemerintah juga menetapkan kebijakan untuk tidak mudah terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK).

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjelaskan hal ini pada bagian lain keterangan persnya di Kantor Presiden, Rabu (21/8) siang, seusai rapat terbatas kabinet.

“Untuk menjaga pertumbuhan pemerintah akan terus menggerakan, mempercepat, dan mengimplementasikan rencana dan persiapan implementasi di berbagai bidang. Kebijakan pemerintah yang segera dilaksanakan dalam waktu dekat utamanya adalah mengandalkan sisi investasi,” kata Presiden.

Dalam rapat terbatas tersebut, pemerintah menyiapkan paket kebijakan ekonomi untuk menjaga stabilitas keuangan dan pertumbuhan. Melalu paket kebijakan tersebut pemerintah mendorong keseimbangan antara impor dan ekspor barang dan jasa. “Kebijakan ini diharapkan mampu meningkatkan neraca pembayaran yang lebih positif dan nilai tukar rupiah tidak terus melemah,” Presiden menjelaskan.

Inflasi, SBY mengatakan, juga akan terus dijaga. Hal ini agar masyarakat masih memiliki daya beli yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-sehari. “Stabilitas harga akan dilakukan dengan kerja ekstra untuk jangka dekat,” SBY menambahkan.

Lainnya, pemerintah juga akan menetapkan kebijakan agar tidak mudah terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh dunia usaha. “Kita harus mengamankan juga sauda-saudara kita kaum pekerja, sebagaimana mengamankan rakyat yang lain,” Presiden SBY menegaskan





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *