Ini Dia Peringatan HUT Ala Seniman Bengkulu

Oleh Tgl: August 18, 2013
Seni bengkulu

Kita mempermainkan egrang, sebuah permainan tradisional ya yang berada didesa. Harapannya dengan menampilkan permainan tradisional ini dapat kembali membudayakan permainan yang hampir punah

Suyitno

BENGKULU – Memaknai peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-68 dapat dilakukan dengan beragam cara mulai dari gelar perlombaan hingga unjuk budaya dan pergelaran seni.

Seniman Bengkulu yang tergabung dalam komunitas “Kedai Proses”  misalnya yang mewarnai hari bersejarah milik Indonesia ini dengan menampilkan permainan egrang dan pembacaan puisi.

“Kita mempermainkan egrang, sebuah permainan tradisional ya yang berada didesa. Harapannya dengan menampilkan permainan tradisional ini dapat kembali membudayakan permainan yang hampir punah,” Ungkap Suyitno koordinator seni “Kedai Proses” ini, Sabtu (17/8) sore.

Selain menampilkan permainan tradisional acara yang digelar dibelakang Masjid Jamik, Pintu Batu Kota Bengkulu ini, diungkapkan Suyitno bersama 20 rekannya yang lain akan terus berlanjut sampai dengan penurunan bendera pada pukul 17.00wib.

“Awalnya pukul 05.00 wib kita mengibarkan bendera dipantai, setelah itu prosesi kesenian dan dilanjutkan dengan long march menuju kawasan ini, nanti kita juga akan upucara dan penurunan bendera,” Katanya lagi.

Acara yag bertemakan “Gempita Merdeka” tampak berbeda karena selain senimannya berdandan ala merah putih melalui cat dan pewarna, mereka juga menggelar prosesi pencucian bendera yang bermaksud untuk menghapus duka anak bangsa meski usia kemerdekaan sudah terhitung tidak muda lagi ini agar luruh dan kembali bersih.

Tidak ada ujuk kekerasaan dalam unjuk budaya ini, pengguna jalan yang melintasi kawasan belakang masjid iconya Bengkulu ini tampak antusias menyaksikan pembacaan puisi yang menyentil pejabat dan kerakusannya terhadap negaranya.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *