Barcelona Berhasil Kalahkan Malaysia XI 3-1

Oleh Tgl: August 10, 2013

SPORT – Barcelona menutup tur pramusimnya di Asia dengan menyudahi perlawanan sengit Malaysia XI 3-1. Blaugrana memang sempat kesulitan, tetapi mereka tetap sanggup menjinakkan tuan rumah.

Di Shah Alam Stadium, Sabtu (10/8), Barcelona membuka keunggulan lewat Cesc Fabregas pada menit 33, tapi bisa disamakan oleh Amri Yahyah menit 41. Neymar kemudian membawa Barcelona kembali memimpin di menit 43 sebelum akhirnya Gerard Pique melengkapi kemenangan sang rakasa Catalan dengan golnya di menit 75.

Perkiraan banyak pihak bahwa pasukan Gerardo Martino akan menang telak tidak jadi kenyataan. Malaysia XI ternyata sanggup memberi Barcelona ujian berat dan hanya bisa menang dengan margin dua, padahal Martino menurunkan komposisi terbaiknya – minus Lionel Messi.

Tanpa Messi, yang mengalami masalah hamstring, Martino pun menempatkan Fabregas di posisi false 9 dengan dukungan Neymar dan Alexis Sanchez di kedua sayap.

Melihat perbedaan kekuatan, Barcelona seharusnya bisa mendominasi secara mutlak. Namun, justru Malaysia XI yang mendapat peluang pertama lewat Idlan Talaha. Barcelona beruntung, bola hanya menerpa mistar.

Barcelona lalu menunjukkan kelasnya. Setelah tendangan Neymar melambung di atas mistar, gol pembuka pun tercipta beberapa menit berselang. Jordi Alba menerima operan Neymar, melewati dua pemain bertahan Malaysia XI, dan melepas crossing ke jantung pertahanan yang dituntaskan oleh Fabregas.

Malaysia, di luar dugaan, balas membuat gawang Barcelona bergetar. Berawal dari kegagalan Alba menghalau operan diagonal dari sayap kiri, bola rebound disambar dan dilesakkan oleh Amri Yahyah melewati tangkapan Victor Valdes. Skor pun imbang 1-1.

Namun, itu tidak bertahan lama. Dua menit berselang, menerima operan Fabregas, Neymar mengecoh marker-nya dan dengan sebuah finishing tenang dia membuat Barcelona kembali unggul hingga jeda.

Di awal babak kedua, Martino menarik keluar Alves, Alba serta Neymar dan memasukkan Montoya, Adriano, serta Tello.

Valdes, Xavi, Iniesta, serta Busquets pun ‘menyusul’ di tengah laga untuk memberi tempat pada Pinto, Dos Santos, Sergi Roberto, serta Alex Song.

Barcelona tetap mendominasi, tetapi mereka butuh waktu hingga 15 menit jelang bubaran untuk mencetak gol ketiga. Adalah Pique, sang bek sentral, yang beraksi layaknya seorang striker jempolan ketika dia menerima operan Fabregas dan menaklukkan kiper Malaysia XI.

Setelah itu, tak ada gol lagi yang tercipta dan skor 3-1 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang. Barcelona pun meraih dua kemenangan dari dua laga di Asia.

Pekan depan, Barcelona akan memulai perjuangan mereka mempertahankan gelar La Liga dengan menjamu Levante di Camp Nou





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *