Atribut Kampanye Rio Capella Dianggap Bawaslu Melanggar

Oleh Tgl: August 22, 2013
kampanye

Koordinasi dengan Stakeholder ke Pemda setempat, Boleh dipasang dengan ketentuan yang sama untuk caleg yang lain. jika sudah ada aturan dan regulasinya, ini kita anggap tidak melakukan pelanggaran dengan catatan harus ada ketetapan dari KPU Provinsi

Ediansyah Hasan,SH

BENGKULU – Atribut iklan kampanye bagi calon anggota legislatif merupakan salah satu media publikasi yang paling efektif untuk menarik dukungan masyarakat.Namun dalam proses pelaksanaannya sendiri pemasangan atribut iklan kampanye diawasi ketat oleh Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Bengkulu.

Atribut yang dipasang oleh aktivis Rio Capella dari Partai Nasdem misalnya yang dianggap melanggar oleh Bawaslu. menurut Ediansyah Hasan,SH selaku anggota  Divisi Pengawasan Bawaslu Atribut yang berada di Kawasan Padang Harapan, Kota Bengkulu itu tidak ada koordinasi dengan stakeholder yang ada.

“Koordinasi dengan Stakeholder ke Pemda setempat, Boleh dipasang dengan ketentuan yang sama untuk caleg yang lain. jika sudah ada aturan dan regulasinya, ini kita anggap tidak melakukan pelanggaran dengan catatan harus ada ketetapan dari KPU Provinsi,” Ungkapnya saat dijumpai di Kantor KPU Provinsi Bengkulu, Kamis (22/8) siang.

Namun, meski dicatat sebagai temuan Bawaslu pihak Bawaslu masih enggan mencopot Iklan yang dipasang caleg DPR RI No urut 1 tersebut dengan dalih belum ada regulasi yang ditetapkan oleh Bawaslu, KPU bersama pemerintah Bengkulu.

“Harus ada instrumen dulu dari KPU Provinsi, kita belum ada aturan, karena itu kita akan segera mengajukan aturan tersebut bersama KPU. Langkahnya nanti kita akan berkoordinasi dengan pemerintah bagaimana prosedurnya dalam beriklan komersil seperti itu, sementara penyusunan regulasi tersebut iklan kampanye komersil masih dianggap pelanggaran,” Ungkapnya kepada jurnalis bengkuluonline.com.

Setelah koordinasi dengan pemda Kata Hasan, apabila tidak melanggar maka baru bisa dipasang. Hasan juga menjelaskan iklan komersil dapat berpengaruh dalam menyumbangkan pendapatan daerah Bengkulu namun dengan catatan harus memperhatikan Estetika, etika dan kebersihan Kota.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *