6.000 Dari 29.000 Guru Bengkulu Belum Sarjana

Oleh Tgl: August 27, 2013

Ada 6.000 orang guru dari 29.000 guru yang belum sarjana

Syafrudin AB

Bengkulu – Kepala Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Bengkulu Syafrudin AB  mengungkapkan sedikitnya 6.000 guru tingkat SD, SMP, dan SMA di Provinsi Bengkulu belum menempuh pendidikan strata satu atau (S1).

“Ada 6.000 orang guru dari 29.000 guru yang belum sarjana,” Ungkapnya, Senin (26/8)  usai uji publik Rancangan Peraturan Daerah tentang Semua Mesti Sekolah atau SMS yang merupakan inisiatif Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu.

Padahal menurut Syafrudin saat ini Pemerintah memberi waktu hingga akhir 2015 agar memenuhi kualifikasi sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Diceritakan dia dari 6000 tenaga yang paling berpengaruh dengan mutu pendidikan tersebut rata-rata berpendidikan Diploma I hingga IV, dan sebagian lainnya hanya sebatas tamatan SMA.

Meski kuota guru dinilai sudah memenuhi kebutuhan, Namun menurutnya penyebaran guru di Bengkulu yang belum efektif. Kebanyakan guru memilih mengajar di wilayah pusat perkotaan sehingga wilayah kabupaten yang terbelakang tetap ketinggalan.

“Kita terus memperbaiki kualitas pendidik dan tenaga kependidikan, Dinas-dinas Pendidikan Di Bengkulu akan terus memperbaiki kekurangn itu,” Demikian Syafrudin.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *