Zainan Sagiman : SE Mendagri Bukan Ranah KPU

Oleh Tgl: July 12, 2013

Sebenarnya Surat ederan tersebut bukan urusan KPU, bagi KPU itu peraturan KPU yang di pakai bagi KPU itu ynag mengatur kemendagrian ada hubungannya mengeluarkan SK Pemerintahan

Zainan Sagiman

BENGKULU, (Bengkulu Online) – Komisi Pemiilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu hingaa hari ini, Jum’at (12/7) belum menerima Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 161/3294/Sj tertanggal 24 Juni 2013 tentang Pergantian Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD dari partai non parlemen.

Mengenai Surat edaran yang diterbitkan oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi ini, Komsioner KPU Provinsi Bengkulu, Zainan Sagiman mengungkapkan belum menerima Surat Ederan yang digunakan untuk Menyikapi banyaknya pertanyaan terkait pemberhentian antarwaktu (PAW) anggota dewan karena menjadi calon anggota legislatif (caleg) partai politik lain tersebut.

“Kami belum tahu ada surat ederan dari Mendagri, kita belum terima,”Ungkapnya kepada jurnlais JB di kantor KPU, Pukul 11.00 wib.

Zainan Mengungkapkan Surat Ederan tersebut bukan menjadi urusan KPU karena surat tersebut ditujukan untuk kepada seluruh kepala daerah dan pimpinan DPRD provinsi dan kabupaten/kota di Bengkulu.

“Sebenarnya Surat ederan tersebut bukan urusan KPU, bagi KPU itu peraturan KPU yang di pakai bagi KPU itu ynag mengatur kemendagrian ada hubungannya mengeluarkan SK Pemerintahan,”Ungkapnya lagi.

Zainan Menambahkan SE edaran tersebut bukan ranah yang diterapkan oleh KPU, Karena SE ederan itu sendiri diberuntukkan kepada personalnya langsung, KPU hanya menetapkan memenuhi syarat atau tidak.

“Pemahamannya begini, Ranah KPU itu kan tentu syarat-syarat yang ditetapkan oleh KPU, kan seperti itu, itu lah yang dilakukan KPU, Mendagri itu urusan sebagai anggota dewannya, bagi KPU cukup pernyataan yang bersangkutan Mundur, mundur terkait dalam surat dalam keterangan proses, kalau mereka tidak mundur urusan mendagri, bagi KPU selesai,”Katanya.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *