Tanggapi DCS, KPU Rekomendasikan Parpol Berperan

Oleh Tgl: July 22, 2013

Inikan bermanfaat, karena bias mengantisipasi penurunan tingkat partiipasi pemilih, dan Sangat disayangkan jika waktu yang disediakan untuk menanggapi DPS tersebut tidak dilakukan sebab setelah menjadi DPT nanti tidak ada lagi masyarakat yang mengaku belum terdata juga

Zainan Sagiman, SH

BENGKULU – Supaya hubungan terus terjaga baik hingga pesta pemilihan umum raya 2014, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menganjurkan untuk berperan dalam tanggapi DCS.

hal ini diungkapkan oleh Juru Bicara KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman, SH mengatakan partai politik harus berperan aktif dalam melakukan penelitian terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah di umumkan oleh Panitia Pemungutan Suara(PPS).

“Yang paling berkepentingan terhadap Daftar Pemilih Sementara ini adalah Partai politik karena mereka adalah penggunanya, dan jika masih ada nama-nama yang belum terdaftar pada DCS tersebut silahkan untuk didata dan masuk dalam Daftar Pemilih Sementara Tambahan,” ujarnya beberapa hari lalu.

Zainan Menambahkan selain menggunakan perannya hal ini dapat mengantisipasi terjadi penurunan tingkat partisipasi pemilih dalam menggunakan hal pilih, selain itu Dijelaskannya setelah adanya penambahan dan perubahan pada daftar pemilih sementara tambahan ini diserahkan kepada petugas, maka petugas wajib untuk memasukkan nama tersebut ke Daftar Pemilih sementara hasil perubahan (DCSHP) sebelum menjadi Daftar Pemilih tetap (DCT).

Berdasarkan data yang masuk ke KPU Provinsi Bengkulu dan sudah di plenokan dari 126 kecamatan dan 1500 desa, ada 1.366.118 dengan rincian 6.87.544 laki-laki dan 6.78.564 perempuan. Dengan jumlah TPS 4.269 setelah hasil pleno.

“Inikan bermanfaat, karena bias mengantisipasi penurunan tingkat partiipasi pemilih, dan Sangat disayangkan jika waktu yang disediakan untuk menanggapi DPS tersebut tidak dilakukan sebab setelah menjadi DPT nanti tidak ada lagi masyarakat yang mengaku belum terdata juga, karena tidak bisa lagi dilakukan penambahan jika masih belum terdata” katanya.

Pengumuman DPS ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2013 dan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penyusunan Daftar Pemilih untuk Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD Tahun 2013, lalu Pengumuman DPS dilaksanakan pada tanggal 11 sampai dengan 24 Juli 2013.

KPU Kabupaten/Kota menyerahkan data elektronik (softcopy) salinan DPS dalam cakram padat (compact disc / CD) dengan format PDF kepada partai politik tingkat kecamatan dan Panwaslu tingkat Kecamatan pada tanggal 12 sampai dengan 15 Juli 2013. dan untuk memberikan masukan dan tanggapan dari masyarakat terhadap DPS tersebut cukup panjang, yakni dari 11 Juli sampai 1 Agustus 2013.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *