Selangkah Lagi Tarif Angkutan Laut Resmi Naik

Oleh Tgl: July 23, 2013
DCF 1.0

Sudah selesai dibahas, tinggal nunggu tanda tangan gubernur Bengkulu dan Nanti akan diputuskan berdasarkan peraturan gubernur, baru resmi diberlakukan

Bambang Budi Djatmiko

BENGKULU – Penyesuaian tarif angkutan umum pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) ternyata tidak hanya pada angkutan darat, angkutan laut pun tidak ingin ketinggalan untuk menyesuaikan harga.

Hari ini, Selasa (23/7) di Kantor Dinas Perhubungan dan Komunikasi Provinsi Bengkulu sepakat mengusulkan kenaikan tarif Angkutan Sungai Danau Penyeberangan Indonesia Ferry Cabang Bengkulu yang menghubungkan Bengkulu menuju Pulau Enggano.

Kepala ASDP Silaban mengungkapkan kenaikan tarif angkut terkait penyesuaian kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beberapa waktu lalu,

“Kita usulkan untuk naik, Usulan tersebut dalam rangka kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dishubkominfo Provinsi Bengkulu Bambang Budi Djatmiko mengungkapkan Usulan kenaikan tarif antara ASDP dan Dishubkominfo kata dia sudah tuntas dibahas tinggal menunggu persetujuan Gubernur Bengkulu.

“Sudah selesai dibahas, tinggal nunggu tanda tangan gubernur Bengkulu dan Nanti akan diputuskan berdasarkan peraturan gubernur, baru resmi diberlakukan,” kata

Berdasarkan kesepakatan rapat kenaikan tarif untuk penumpang orang dewasa dari Rp49 ribu menjadi Rp55 ribu atau naik 12 persen, anak-anak naik dari Rp33 ribu menjadi Rp35 ribu atau naik 6 persen, Sedangkan tarif angkutan roda empat atau golongan IV naik dari Rp847 ribu menjadi Rp1,15 juta, sepeda motor naik dari Rp82 ribu menjadi Rp95 ribu, dan Tarif sepeda dari Rp35 menjadi Rp40 ribu, kemudian tarif golongan III atau kendaraan roda tiga naik dari Rp286 ribu menjadi Rp328 ribu.

Budi juga menambahkan kenaikan tarif ini baru bisa dibahas karena harus melalui proses dan Kenaikan tarif ini hanya berlaku untuk kapal feri Pulo Tello, sedangkan kapal perintis tidak ada kenaikan tarif.

Untuk persiapan jelang mudik lebaran Budi memastikan tarif tidak akan naik meskipun diperkirakan terjadi lonjakan penumpang.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *