SBY Minta Napi Yang Kabur Ditemukan Kembali

Oleh Tgl: July 12, 2013

Kementerian Hukum dan HAM sedang melakukan penelusuran penyebab kejadian ini

Julian

Jakarta,JB – Presiden RI Susilo bambang Yudhyono meminta Napi yang Kabur dari LP Tanjung Gusta Harus Ditemukan Kembali.

Pernyataan ini disampaikan langsung Presiden Sebelum bertolak ke Nusa Tenggara Barat (NTB), Presiden kembali berkomunikasi dengan Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengenai perkembangan penanganan kerusuhan di Lembaga Pemasyarakatan Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.

“Presiden akan menyampaikan instruksi langsung kepada Kapolri untuk menuntaskan persoalan ini. Ada narapidana yang kabur dan belum menyerahkan diri,” kata Juru Bicara Presiden, Julian Aldrin Pasha, di Halim PK, Jakarta, sebelum bertolak ke NTB, Jumat (12/7) pagi.

Diktuip dari website resmi kepresidenan, Menurut Julian, situasi sudah terkendali. Sebanyak 50 narapidana yang kabur telah menyerahkan diri, 100 lainnya belum.

Sebagaimana diberitakan, Kamis (11/7) kemarin terjadi kerusuhan dan kebakaran di LP Tanjung Gusta. Kerusuhan dipicu padamnya listrik dan pasokan air di dalam LP. Sejumlah napi protes dengan cara merusak, sebagian lagi kabur. Mereka juga sempat menyandera sipir penjara. Di antara penghuni LP Tanjung Gusta terdapat napi teroris.

Menurut Julian, faktor penyebab kerusuhan masih didalami. “Kementerian Hukum dan HAM sedang melakukan penelusuran penyebab kejadian ini,” Julian menjelaskan.

Pihak kepolisian sedang bekerja maksimal untuk mengembalikan napi yang kabur ke lapas. Diduga LP Tanjung Gusta menampung napi melebihi kapasitas.

“Kaburnya narapidana tidak akan dibiarkan. Peningkatan keamanan juga akan dilakukan,” Julian menambahkan.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *