Peserta PSP3 Capai 17.000 Orang

Oleh Tgl: July 6, 2013

Jakarta (Bengkulu Online)- Program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3) tahun 2013 sangat diminati buktinya sejak program ini dimulai, peserta PSP3 telah mencapai 17 ribu orang hal ini diketahui saat Temu konsultasi program Pemuda Sarjana Penggerak Pembangunan di Pedesaan (PSP3) tahun 2013 di Hotel Lumire, Jumat (5/7) malam.

Dari sumber Kemenpora, Pertemuan antara Kemenpora dengan Dinas Pemuda dan Olahraga dari seluruh provinsi ini dibuka Deputi Pengembangan Pemuda Zubakhrum Tjenreng. Dalam sambutannya Zubakhrum menyampaikan terimakasih atas kehadiran para kepala dinas pemuda dan olahraga atau perwakilannya. Pertemuan ini penting dan diharapkan menghasilkan langkah-langkah yang harus dilakukan agar pelaksanaan penyelenggaraan PSP3 lebih baik, karena sejak program ini dimulai, peserta PSP3 telah mencapai 17 ribu orang. Peminat PSP3 sangat tinggi. Setiap kali program ini dimulai, pendaftar mencapai 4000 orang, bahkan setelah melalui proses seleksi masih ada 2000 pendaftar lagi yang masih dapat mengikuti tes untuk disaring menjadi 1000 orang agar memenuhi quota penempatan di seluruh provinsi, kabupaten/kota di seluruh Indonesia.

Kehadiran para Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ini diharapkan memberi masukan jelang persiapan pembekalan bagi PSP3 pada tanggal 14 Agustus mendatang.

“Kami mengundang Bapak Ibu, untuk mempersiapkan sedini mungkin  karena pada tanggal 14 Agustus, PSP3 diharapkan bisa hadir, untuk mengikuti pembekalan yang akan kita lakukan secara terpusat,” ujar Zubakhrum.

Selain itu kata Zubakhrum, selama ini beberapa permasalahan yang ditemukan selama penyelenggaraan PSP3. Dia menilai perlu dilaksanakan pembekalan yang dapat memotivasi peserta agar saat terjun ke lapangan para lulusan sarjana yang ditempatkan di pelosok desa siap menjalankan tugasnya.

Sebelumnya, Asdep Kepeloporan Pemuda Bandingan Daulay selaku ketua penyelenggara melaporkan bahwa acara ini dilaksanakan untuk menghadapi program PSP3 tahun 2013.

“Kita perlu berembug untuk mengambil solusi dan kebijakan bersama tentang PSP3,” kata Bandingan.  Kegiatan ini dilaksanakan hingga Senin mendatang.

Narasumber kompeten di bidangnya dihadirkan dari Kemenpora dari Dirjen Anggaran II Kementerian Keuangan, IPB, Lembaga Swadaya Masyarakat.

“Pertemuan ini saya kira penting, karena nanti ada pelaksanaan orientasi daerah itu seperti apa,” kata Bandingan.

Program PSP3 merupakan salah satu program pengembangan kepeloporan pemuda dalam meningkatkan peran serta pemuda intelektual dalam mendinamisasi perubahan dan menggerakkan pembangunan di pedesaan, Hadir dalam pembukaan ini Asdep Kepemudaan Amar Ahmad, Asdep Kepanduan I Gusti Raka Pariana.

Editor : Serli Ade Syafitri





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *