Jadi Senator Jika Minimal Peroleh 80.000 Suara

Oleh Tgl: July 12, 2013

Jika ditarik pada pengalaman pemilu 2009 lalu jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya adalah 80 persen dari jumlah penduduk potensial pemilih yang terdata dalam DPT. “Jadi mudah-mudahan target 80 persen pemilih ini tercapai dengan baik,” Demikian Zainan

Zainan Sagiman

BENGKULU,(Bengkulu Online) – Jika ditarik pada pengalaman pemilu 2009 lalu jumlah pemilih yang memberikan hak suaranya adalah 80 persen dari jumlah penduduk potensial pemilih yang terdata dalam DPT, dan dari 1,3 juta pemilih seprovinsi Bengkulu, KPU Provinsi Bengkulu menyatakan Titik aman calon anggota DPD RI yang berperang rebut suara pada pemilu 2014 mendatang harus mendapatkan 70an ribu sampai 80an ribu suara.

Ini diungkapkan langsung oleh Juru Bicara KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman, SH kepada jurnalis, Jumat (12/7) di Kantor KPU Provinsi, Jalan Kapuas Raya menurutnya Bila tidak mendapatkian 80an ribu atau kurang dari jumlah tersebut maka langkah untuk menjadi senator daerah provinsi Bengkulu harus ditunda.

“Dengan asumsi dari 1,3 juta pemilih itu hanya 70 persen memberikan hak suaranya ke TPS, artinya Titik aman 80an ribu suara,” Katanya.

Untuk mendapatkan dukungan tersebut Sesuai mekanisme pemilu yang diterapkan, penetapan calon terpilih anggota DPD adalah didasarkan pada calon yang memperoleh suara terbanyak pertama, kedua, ketiga, dan keempat di tiap provinsi. Bila perolehan suara calon terpilih keempat terdapat jumlah suara yang sama, maka calon yang memperoleh dukungan pemilih yang lebih merata penyebarannya di seluruh kabupaten/kota di provinsi itu lah yang ditetapkan sebagai anggota DPD terpilih.

“Untuk mendapatkan titik aman tersebut butuh kerja keras calon tersebut untuk mendapatkan dukungan masyarakat, misalnya dukungan harus menyebar bila ada dua calon yang memperoleh suara yang sama. Bila ada yang mendapatkan suara sama 70 ribuan maka yang dilihat adalah ketersebaran suara tersebut,”Ungkapnya.

Menurut Zainan, Asumsi dan prediksi tersebut bisa dilaksanakan dengan catatan data pemilih benar-benar valid dan sehingga pemilih benar-benar memberikan hak suaranya untuk memilih wakilnya yang akan duduk disenayan, mengenai target minimal pemilih Zainan mengatakan target minimalnya adalah 80 persen pemilih meberikan hak suaranya.

“Pacuan pada tahun 2009, target kita minimal 80 persen tersebut baik untuk pemilih DPD Maupun pemilih Caleg partai politik,” pungkasnya.(Cy*)

.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *