Harga Komoditas Sayuran di Bengkulu Masih Meroket

Oleh Tgl: July 14, 2013
pedagang-ayam

Naik dek, kemarin sebelum bulan puasa harga cabe rawit 40 ribuanlah perkilo, kalau sekarang dak dapat lagi, kami ajo jual seons Rp.6000,

Manurung

BENGKULU,(Bengkulu Online)- Bulan ramadhan merupakan bulan yang penuh barakah namun pesoalan dari tahun ketahun tidak pernah berubah yakni melonjaknya harga kebutuhan pokok, Harga sejumlah komoditi sayuran misalnya di sejumlah pasar Kota Bengkulu mengalami kenaikan.

Dari pantauan Jurnalis JB, Minggu (15/7) sore di Pasar Minggu Kota Bengkulu, sejumlah pedagang mengakui adanya kenaikan harga pada komiditi sayuran sejak awal puasa. Bahkan, kenaikan harga paling mencolok adalah harga cabe rawit yang kini tembus Rp55 ribu per kilogram dari Rp 40 ribu per kilogram.

“Naik dek, kemarin sebelum bulan puasa harga cabe rawit 40 ribuanlah perkilo, kalau sekarang dak dapat lagi, kami ajo jual seons Rp.6000,-,”ungkap Manurung (47 th).

Ditambahkan Manurung yang biasa berjualan cabe merah dan cabre rawit dipinggir jalan ini bahwa naiknya harga cabe disebabkan minimnya pasokan cabe dari pemasok.

Selain harga Cabe, harga komoditas sayuran hampir seluruhnya mengalami kenaikan. Sawi Putih misalnya yang sudah mencapai Rp 8000 perkilogram dari menjadi Rp5.000 per kilogramnya, wortel dan tomat, saat ini menjadi Rp4.000 per kilogramnya, padahal sebelumnya harga hanya berkisar sekitar Rp 3.500, dan tidak ketinggalan ayam potong yang sudah masih bertahan diharga Rp. 40.000,- semenjak hari pertama puasa.

Sementara itu, Asep misalnya pedagang telur mengungkapkan harga telur perkarpetnya saat ini bekisar Rp.32.000 sampai dengan Rp. 34.000,- tergantung ukuran yang awalnya bekisar Rp. 27.000 sampai Rp. 30.000,-.

“Harga telur ayam naik, tetapi tidak terlalu tinggi, ya tidak mengurnagi pembeli. Kan orang butuh terus sama telur,”Ungkapnya kepada wartawan. (Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *