Caleg Bermasalah, Parpol Belum Laporkan Ke KPU

Oleh Tgl: July 16, 2013

Baru segelintir Kemarin PPP, PKB, dan hari ini barusan PDIP yang sudah memberikan tanggapan masyarakat, jadi ada tiga partai yang melakukan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat yang masuk ke KPU

Eko Sugianto, SP, M.Si

BENGKULU, (Bengkulu Online) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu menetapkan batas terkahir melaporkan tanggapan masyarakat terhdap caleg pada 18 Juli Mendatang, Namun Menjelang batas akhir penyerahan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat, baru tiga klarifikasi atau jawaban dari partai politik yang calonnya mendapatkan tanggapan masyarakat.

Anggota divisi Tehnis penyelenggara Eko Sugianto, SP, M.Si di sekretariat KPU Provinsi, Selasa (16/7) mengungkapkan sampai hari ini baru tiga yang sudah memberikan jawaban terhadap tanggapan masyarakat yang telah disampaikan oleh KPU.

“Baru segelintir Kemarin PPP, PKB, dan hari ini barusan PDIP yang sudah memberikan tanggapan masyarakat, jadi ada tiga partai yang melakukan klarifikasi terhadap tanggapan masyarakat yang masuk ke KPU,” ujarnya kepada jurnalis.

Menurut Eko penyampaian tanggapan masyarakat merupakan proses menyaring calon legislative yang akan menjadi wakil rakyat, oleh sebab itu jangan sampai mekanisme ini tidak digunakan dengan baik.

“ini kan masanya partai memberikan jawabankan, PDIP langsung memberikan tanggapan masyarakat karena calonnya kan ada ynag bermasalah dengan hukum, mekanismenya seperti itu, kita tunggu sampai lusa diharapkan ada lagi tanggapan dari masyarakat,”Ungkapnya lagi.

Tanggapan masyarakat yang masuk kebanyakan di tujukan kepada calon legislative (caleg) yang pernah bermasalah dengan hukum dan pernah di penjara. Dijelaskan Eko masa penerimaan tanggapan dan masukan masyarakat atas DCS kepada KPU dimulai pada tanggal 14 sampai 27 Juni 2013. Masukan dan tanggapan selanjutnya akan diklarifikasi kepada partai politik bersangkutan oleh KPU, lalu KPU akan memproses laporan itu dan akan meminta klarifikasi kepada partai politik.

Eko memaparkan Jika dalam klarifikasi menyatakan calon sementara terbukti tidak memenuhi syarat, maka KPU memberikan kesempatan kepada partai politik untuk mengajukan penggantinya dan kemudian KPU akan kembali melakukan verifikasi terhadap persyaratan calon pengganti yang diajukan oleh partai.

“Sekarang tahapannya partai politik diberi kesempatan untuk memberikan klarifikasi mulai tanggal 5-18 Juli 2013. Setelah KPU menyampaikan kepada partai politik hasil verifikasi,” Tambahnya.

Sementara itu, Eko membeberkan bahwa selain dari tiga partai yang sudah memberikan jawaban, masih ada masih ada parpol lain yang calegnya bermasalah, mendapatkan tanggapan masyarakat dan yang terbanyak adalah masalah pidana, padahal partai politik sudah diberikan tanggapan masyarakat yang disampaikan KPU.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *