Cabai Rawit Impor Akan Warnai Pasar Indonesia

Oleh Tgl: July 14, 2013
rusuh

4.000 ton cabai rawit dan 4.000 bawang merah akan didatangkan dalam waktu dekat. Insya Allah harga akan stabil

Gita Wirjawan

Jakarta, JB – Sebanyak 4.000 ton cabai rawit impor bakal segera masuk ke Indonesia. Begitu bawang merah juga bakal didatangkan dalam waktu dekat.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berharap tambahan pasokan tersebut bisa menekan harga cabai rawit dan bawang merah yang terus melonjak.

“4.000 ton cabai rawit dan 4.000 bawang merah akan didatangkan dalam waktu dekat. Insya Allah harga akan stabil,” kata Gita seperti dikutip dari akun twitternya @GWirjawan, Sabtu(13/7/2013).

Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu menyebutkan harga cabai rawit yang diimpor di tahap awal sekitar Rp 25 ribu per kilogram (kg). Bawang merah yang diimpor sekitar Rp 10 ribu per kg.

Selain itu guna menurunkan harga daging sapi, Gita menjelaskan para pengusaha sudah memotong dan akan menuntaskan 109 ribu ekor sapi. Perum Bulog juga akan mulai pasok 500 ton daging pada pekan minggu depan.

Sedangkan Harga ayam dan telur sudah mulai turun karena pasokan lebih dari cukup. “Peternak dan pengusaha komit akan terus turunkan harga sampai lebaran,” jelasnya.

Gita menjelaskan tingginya harga komoditas seperti cabai rawit merah, bawang merah dan daging sapi disebabkan kurangnya pasokan ketiga komoditas tersebut.

Cabai rawit merah dan bawang merah misalnya, karena kemarau basah menjadi gagal panen. Sementara untuk daging sapi, kekurangan pasokan terjadi karena kenaikan kebutuhan daging sapi tidak diikuti dengan meningkatnya produksi di dalam negeri.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *