Belajar Dari Pengalaman, KPU Hati-Hati Bentuk Timsel BS

Oleh Tgl: July 13, 2013
komisi

Berkaca pada pengalaman sebelumnya kita akan berhati-hati untuk menentukan siapa-siapa nama yang akan menjadi timsel tentu Syaratnya harus jujur, independen, professional dan tidak memihak, dan bila syarat tersebut disanggupi maka silahkan mendaftarkan diri

Zainan Sagiman, SH

BENGKULU, (Bengkulu Online) – Setelah lama dinanti, ini dia berita dari Komisioner KPU Provinsi Bengkulu tentang proses pembentukkan komisioner KPU Kabupaten Bengkulu Selatan, sampai hari ini Sabtu (13/7) sudah proses pembentukan KPU Bengkulu Selatan sudah tahap pendaftaran dan hingga saat ini sudah 11 orang yang mendaftar.

Namun tidak ingin terulang kembali kejadian sebelumnya di saat seleksi calon anggota KPU Kabupaten Kaur, KPU provinsi Bengkulu sangat hati-hati untuk menentukan siapa-siapa nama yang akan menjadi timsel.

Juru bicara KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman, SH kepada Jurnalis mengungkapkan dalam berhati-hati mereka akan memilih timsel dengan syarat jujur, independen, dan bisa professional serta tidak memihak.

“Berkaca pada pengalaman sebelumnya kita akan berhati-hati untuk menentukan siapa-siapa nama yang akan menjadi timsel tentu Syaratnya harus jujur, independen, professional dan tidak memihak, dan bila syarat tersebut disanggupi maka silahkan mendaftarkan diri,” katanya .

Zainan menambahkan parameter syarat tersebut agar KPU tidak mengalami pengalaman buruk sebelumnya terjadi kembali pada Bengkulu Selatan dan menyebabkan proses seleksi tersebut menjadi mandek. Dirinya mengharapkan timsel ini banyak peminatnya sehingga Pendaftaran akan di tutup hingga tanggal 30 Juli ini banyak yang daftar.

“Kalau banyak yang mendaftarkan diri untuk menjadi anggota timsel tentu akan banyak pilihan, ini semakin baik hasilnya,”Ungkapnya.

Dijelaskan Zainan dalam proses seleksi Timsel Calon anggota KPU Bengkulu Selatan (BS), KPU provinsi tetap mengacu pada independensi dari calon Timsel dan juga akan memperhatikan keterwakilan perempuan.

“Keterwakilan perempuan untuk keanggotaan KPU baik itu di Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota telah diatur dalam SK KPU, Jadi berlaku juga untuk keanggotaan Timsel calon anggota KPU,” jelasnya.

Dikonfirmasi target pembentukan KPU Zainan memastikan Pembentukan timsel harus selesai selambat-lambatnya pada Agustus 2013 dengan target pada Oktober 2013 sudah terpilih lima anggota komisioner KPU Bengkulu Selatan yang baru, dan jabatan komisioner KPU BS diketuai Juli Hartono untuk periode 2008-2013 akan segera berakhir pada bulan Oktober dan pada bulan Oktober nantinya sudah terpilih 5 anggota komisioner KPU BS yang baru

ditambahkan Zainan wujud keseriusan KPU Provinsi dalam membentuk KPU BS yang independen, profesional dan punya integritas tinggi terhadap pembangunan di daerah bersangkutan, dalam pembentukan timsel tidak akan pernah ada deal-deal politik dalam bentuk titipan atau intervensi dari pihak-pihak yang punya kepentingan. Termasuk organisasi masyarakat.

“KPU Provinsi memastikan tidak akan pernah ada deal-deal politik, kami tidak menerima titipan, dan yang jelas Kami tidak akan mempermasalahkan latar belakang pendidikan atau mewakili organisasi manapun, namun tertutup bagi mereka yang terlibat dalam kepengurusan partai politik (parpol),” Demikian Zainan.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *