Bangun Indonesia Melalui Koperasi

Oleh Tgl: July 12, 2013

Jangan pernah berhenti membangun, jemputlah masa depan yang baik dengan berpikir cerdas dan bertindak tepat. Saya melihat perkembangan yang pesat dari perkoperasian di Indonesia termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah

Susilo Bambang Yudhoyono

Nusa Tenggara Barat,JB – Dalam rangka Peringatan ke-66 Hari Koperasi di NTB Presiden meminta para penggerak koperasi untuk tak pernah berhenti menjemput kesempatan ini apalagi Koperasi di Indonesia, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah, tumbuh dan berkembang pesat tahun-tahun terakhir ini.

“Jangan pernah berhenti membangun, jemputlah masa depan yang baik dengan berpikir cerdas dan bertindak tepat. Saya melihat perkembangan yang pesat dari perkoperasian di Indonesia termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah,” kata Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutan puncak peringatan ke-66 Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) di pelataran Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat, Mataram, Jumat (12/7) pukul 15.00 WITA.

Dikutip dari website resmi kepresidenan Sebelum menyampaikan sambutan, Presiden SBY menyimak dengan seksama apa yg disampaikan pimpinan Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Gubernur NTB, dan Menteri Koperasi dan UKM. Semua menyampaikan bahwa memang koperasi dan UKM terus tumbuh dengan baik.

“Oleh karena itu, terimalah ucapan terima kasih saya kepada Dekopin dan jajarannya dan semua unsur pengegrak dan penggiat koperasi di seluruh tanah air. Hal yang anda lakukan sangat bermanfaat bagi saudara kita, bermanfaat bagi pengurangan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, dan peningkatan kehidupan masyarakat,” SBY menambahkan.

Sebelumnya, Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan menyampaikan bahwa agenda peringatan Harkopnas adalah agenda penting. Untuk itu diharapkan kerja sama yang baik dari Dekopin dan Panitia Pelaksana Tingkat Pusat sampai ke Daerah. “Kehadiran para tokoh dalam acara puncak akan menunjukkan sebuah dukungan bagi semua elemen masyarakat mendukung kuatnya koperasi menuju kesejahteraan rakyat,” ujar Syarif Hasan.

Sedangkan Ketua Dekopin Nurdin Halid menjelaskan bahwa rangkaian peringatan Harkopnas diharapkan dapat memberi energi positif bagi perkembangan koperasi dan UMKM. Diharapkan berbagai kegiatan tersebut dapat menumbuhkan ekonomi bisnis bersumber daya lokal yang unik, dengan daya saing produk yang mengedepankan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Pada kesempatan kali ini juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Dekopin dengan Asuransi Jiwasraya tentang Database Keanggotaan Koperasi, Gabungan Koperasi Pengrajin Tahu dan Tempe Indonesia (Kakopti) dengan Perum Bulog dan Bank Rakyat Indonesia tentang pengadaan kedelai impor dan lokal. Ditandatangani pula MoU program pemberdayaan ekonomi umat melalui pondok pesantren dan koperasi pondok pesantren oleh enam kementerian.

Presiden SBY menyematkan Tanda Kehormatan Republik Indonesia, berupa Penghargaan Satyalancana, antara lain kepada Wagub Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’Mang, Bupati Gunung Kidul Badingah, Walikota Tomohon Jimmy Feidie Emaan, dan Walikota Mataram Ahyar Abduh. Sedangkan Penghargaan Satyalancana Wirakarya diberikan kepada Walikota Suurabaya Tri Rismaharini, Ketua Penggerak PKK Jawa Timur Nina Soekarwo, dan Ketua Dekranasda Deli Sedang Anita Amri Tambunan.

Hadir dalam kesempatan ini, antara lain, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, Mensesneg Sudi Silalahi, Menteri Kelautan dan Perikanan Cicip Sharif Sutardjo, Menakertrans Muhaimin Iskandar, Menteri Agama Suryadharma Ali, dan Menteri Koperasi dan UKM Syarifudddin Hasan.(999)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *