Apple Cari Tahu Sumber Timah di Bangka

Oleh Tgl: July 13, 2013

BANGKA,JB – Apple perusahaan kenamaan computer ini membentuk tim pencari fakta untuk menyelidiki sumber timah pemasoknya di Pulau Bangka, Indonesia, apakah dari tambang yang legal atau tidak. Perusahaan mengungkapkan, pihaknya mendanai sebuah kelompok lingkungan untuk menyelidiki operasi pertambangan di wilayah tersebut agar bisa lebih memahami situasi yang ada.

Dilansir dari The Verge, Jumat (12/7/2013), langkah Apple ini sejalan dengan kampanye Friends of the Earth yang meminta Apple untuk memerhatikan sumber timah yang digunakan pada iPhone. Menurut keterangan Apple, 249 pemasok menggunakan timah dalam komponen produk Apple. Timah memang lebih banyak digunakan dibandingkan logam lainnya.

Sementara Apple berusaha untuk lebih memahami situasi di Indonesia, Samsung telah mengakui menggunakan timah yang berasal dari Pulau Bangka. “Kami tidak memiliki hubungan langsung dengan pemasok timah dari Pulau Bangka, tapi kami tahu bahwa beberapa logam timah yang kami gunakan untuk kebutuhan produk kami berasal dari wilayah itu,” jelas Samsung dalam sbeuah pernyataan kepada Friends of the Earth.

Senada dengan Apple, Samsung juga menyatakan telah mendanai penyelidikan dan berjanji akan mengambil tindakan. Adapun Friends of the Earth mengatakan, sejak November 2012 telah menerima lebih dari 24 ribu tandatangan meminta Apple untuk memberikan pernyataan publik apakah perusahaan menggunakan timah dari Bangka.

Bangka dan Pulau Belitung dilaporkan merupakan 90 persen sumber timah di Indonesia, yang banyak digunakan untuk komponen solder pada smartphone, tablet, dan perangkat genggam lainnya. Pertambangan di Pulau Bangka diklaim telah menyebabkan kerusakan hutan dan lahan pertanian, merusak terumbu karang, dan berdampak terhadap masyarakat setempat.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *