21 Sekolah Bengkulu Abaikan Kurikulum Pendidikan 2013

Oleh Tgl: July 22, 2013

Tahun ini kita masih mengunakan kurikulum lama karena perbedaa kuirikulu lama dangan yang sekarang hanya terlentak pada struktur mata pelajaran dan waktu mengajar

Mut Marsudi

BENGKULU – Soal Kurikulum Pendidikan yang diberlakukan pada Senin 22 Juli 2013 ternyata para guru sekolah sasaran mengaku masih mengalami kesulitan memahami kurikulum yang diluncurkan langsung oleh Mendikbud tersebut, Sebanyak Dua Puluh Satu sekolah di Kota Bengkulu yang menjadi sasaran curiculum baru dengan nama kurikulum 13 masih mengeluhkan minimnya kesediaan buku paket sebagai penunjang proses belajar mengajar.

Bergantinya kurikulum pendidikan secara sistematis akan akan bergantinya metode pembelajaran pada sekolah-sekolah yang menjadi sasaran baik cara pemahaman Kompetensi Inti (KI) dan kompetensi dasar (KD) maupun buku pendoman pendidikan yang akan digunakan oleh siswa dan guru.

Hal ini disampaikan oleh Kepala sekolah SMA N 2 Kota Bengkulu Yunan Danin, M.Pd melalui kurikulum Mut Marsudi kepada Jurnalis di kantornya kemaren (22/7), menurutnya kurikulum lama dengan yang baru bedanya hanya terletak pada struktur mata pelajaran dan waktu mengajar.

“Tahun ini kita masih mengunakan kurikulum lama karena perbedaa kurikulum lama dangan yang sekarang hanya terlentak pada struktur mata pelajaran dan waktu mengajar dan kalau KTSP lebih menekankan pada pemahanan pengetahuan, keterapilan dan sikap sedangkan kurikulum 13 saat lebih menekankan pada sikap pengetahuan dan keterapilan,” Ungkapnya.

Namun secara realita dilapangan masih ditemukan keluhan yang datang dari para guru dan sekolah, terutama tentang kesediaan buku paket dan sosalisasi mekanismen penerapan kurikulum tersebut sehingga mereka (guru) masih mengunakan kurikulum lama dalam proses belajar mengajar disekolah, para memerlukan kejelasan dan ikut sertanya pemerintah dalah pencapai kurikulum tersebut.

“Selanjutnya pada saat ini yang menjadi permasalahan adalah tentang sosialisasi kurikulum terhadap guru-guru karena pemerintah baru mengsosialisikan pada guru sejarah, bahasa indonesia dan matematika (guru inti) langsung dari menteri pendidikan dijakarta sedang guru-guru yang lain (Guru sasaran) yang dilaksanakan oleh LPMP sampai saat ini belum dilaksanakan,” Ungkap Marsudi.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bengkulu Marjon, M.Pd ketika dikofermasi di ruang kerjanya menjelaskan bahwa kurikulum 13 untuk Kota Bengkulu sudah kita sampaikan dan sosialisasikan kepada sekolah-sekolah sasaran.

”Pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Bengkulu sudah melakukan sosialisasi dan menyampaikan kepada seluruh sekolah sasaran untuk menjalankan kurikum 13 pada tahun ini dan kita berharap kurikulum ini bisa sukses di laksanakan,” ungkap Marjon dengan ramah. (CW7)

Sekolah sasaran Kurikulum 13 di Kota Bengkulu
Tingkat SD/MI
1. SDN 71
2. SDN 11
3. SDN 09
4. SDN 74
5. SDN 72
6. SDN 81
7. SDN 01

Tingkat SLTP
1. SLTP N 01
2. SLTP N 02
3. SLTP N 03
4. SLTP N 04
5. SLTP PGRI

Tingkat SMA/ SMK
1. SMA N 01
2. SMA N 02
3. SMA N 03
4. SMA N 04
5. SMK N 01
6. SMK N 02
7. SMK N 03





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *