KPU Tampung Aspirasi JPPB dan KPI

Oleh Tgl: June 19, 2013
kpu

BENGKULU,JB- Pasca ditemui oleh Jaringan Peduli Perempuan Bengkulu (JPPB) dan Koalisi Perempuan Indonesia (KPI) kemarin, Rabu (19/6) di Hotel Santika, Komisioner KPU akan menampung aspirasi keinginan dari anggota Peduli Perempuan ini.

Juru Bicara KPU Provinsi Bengkulu Zainan Sagiman mengaku akan menampung aspirasi, komisioner KPU juga akan mengusahakan dan mengakomodir adanya perempuan pada saat pengangkatan anggota KPU kabupaten dan kota, namun komisioner akan tetap memprioritaskan kemampuan, keahlian, dan kapasitasnya dari perempuan tersebut.

“Akan kita tampung, kita usahakan dan kita akomodir aspirasinya, tetapi tetap kita memilih, sepanjang perempuan itu layak, tentu akan kami prioritaskan syarat 30 persen keterwakilan perempuan misalnya akan kita usahakan,”Ungkapnya di kantor KPU jalan Kapuas Raya, rabu (19/6).

Meskipun akan mengakomodir Zainam menambahkan ada tidaknya perempuan tidak mempengaruhi pengambilan keputusan atau kinerja KPU.

“Mereka itu datang dan mengaspirasikan saja bukan bentuk intervensi, ada atau tidaknya perempuan di komisioner KPU juga tidak punya pengaruh bagi produk-produk KPU, kemudian kita juga akan memikirkannya dan benar-benar menyaring karena yang memakainya adalah KPU kabupaten Kota bukan KPI jadi kami akan memperhatikan kemampuan, kalau tidak berkapasitas tidak bisa kita akomodir,” ungkapnya.

Dirinya menjelaskan keterwakilan perempuan dalam KPU dan Demokrasi untuk mengangkat derajat perempuan atau Afirmative Action, dan hal itu harus diakomodir untuk menyetarakan gender.

“Ya sama saja tidak punya pengaruh, ini afirmative action atau perlakuan khusus, ini memang mesti kita akomodir karena kita bukan hidup dunia ketiga, maaf bicara perempuan selama ini kan sering disepelekan karena itu perlu affirmative action, supaya pandangan jadi setara tetapi tidak boleh dipaksakan,kalau tidak mampu, ya tetap tidak bisa,”Ujarnya lagi.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *