Usai Dilantik 40 Anggota KPU Tentukan Ketua

Oleh Tgl: June 23, 2013

BENGKULU,JB – Setelah selesai pelantikan yang dilakukan oleh lima komisioner KPU Provinsi Bengkulu yang disaksikan oleh Gubernur Bengkulu yang diwakili Asisten I Pemprov Drs. Sumardi MM, Walikota diwakili Asisten I Pemkot Dra. Rosmidar, Perwakilan Bawaslu Provinsi Bengkulu Ediansyah Hasan, SH dan perwakilan Tim Seleksi (timsel), pejabat eselon II dan III di lingkungan KPU kabupaten/kota dan keluarga anggota KPU yang dilantik. Maka selanjutnya Komisioner yang baru saja dilantik ini akan ikut masa orientasi selama 3 hari. “Mulai hari ini Senin (24/6) semua anggota KPU kabupaten/kota yang baru saja dilantik ini akan diberikan pembekalan atau orientasi selama 3 hari di Hotel Kuala view Pantai Panjang sampai Rabu (26/6), sebab sebelum bertugas, mereka akan diberikan pengarahan tentang tahapan dan tugas yang akan dilaksanakan oleh mereka di tempat tugas yang baru nantinya,” jelas Ketua KPU provinsi Irwan Syaputra, S.Ag, MM kepada jurnalis di Hotel Santika, Minggu (23/6).

Menurut Irwan Orientasi dan pembekalan yang dilakukan kepada KPU yang baru ini adalah untuk memberikan pengetahuan tentang hal-hal yang berkaitan dengan tugas dan kewenangan sebagai penyelenggara Pemilu. “Jadi ketika mereka sudah mulai melaksanakan tugas nantinya di daerah kabupaten, mereka sudah paham mengenai tugas dan wewenangnya masing-masing,” katanya.

Diharapkan juga sebelum masa orientasi berkahir, masing-masing KPU kabupaten/kota telah memilih Ketua KPUnya berikut Divisi-divisinya. “Masa pembekalan itukan selama 3 hari dan dalam proses tersebut nantinya ada tahapan untuk memilih ketua dan divisi-divis yang bertanggung jawab terhadap tugas dan tanggung jawabnya masing-masing di daerah,” katanya.

Namun yang paling penting saat pembekalan dan orientasi dilakukan nantinya masing-masing KPU jangan takut bertanya sebab kelima komisioner inilah yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pemilu didaerahnya. “Diskusi dan pernyamaan persepsi sangat dibutuhkan sebelum pulang kedaerah dan menjalankan tugas,” Demikian Irwanto. (Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *