Pemilihan Wagub Disepakati dengan Musyawarah

Oleh Tgl: June 12, 2013
pancasila

Musyawarah dan mufakat itu asas kita dalam pemilihan, sesuai dengan pansila sila ke 4, kita itu kalo pemilihan selalu dengan voting kan, Pemilihan itu jangan kita tahunya voting saja, banyak cara-cara memilih, dan sistem musyawarah dan mufakat harus tetap diakomodir

Fatrolazi

BENGKULU-Pemilihan wakil gubernur (Wagub) untuk melengkapi kedudukan H.Junaidi Hamsyah akan megikuti azaz ke 4 Pancasila yaitu Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dan permusyawaratan.

Fatrolazi, Ketua Panitia Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Rabu, (12/6) usai rapat pembahasan tata tertib bersama panitia pemilihan wagub mengungkapkan bahwa pemilihan wagub akan dilaksanakan dengan sistem Musyawarah.

“Musyawarah dan mufakat itu asas kita dalam pemilihan, sesuai dengan pansila sila ke 4, kita itu kalo pemilihan selalu dengan voting kan, Pemilihan itu jangan kita tahunya voting saja, banyak cara-cara memilih, dan sistem musyawarah dan mufakat harus tetap diakomodir,”Ungkap kepada rekan media.

Sistem Musyawarah yang dilakukan pada pemilihan cawagub pada tanggal (14/6) hari Jum’at mendatang yakni musyawarah antar fraksi yang diwakili ketua fraksi DPRD Provinsi Bengkulu.

“Nanti sistemnya musyawarah, perwakilan tiap fraksi yang mewakili jadi tidak seluruh anggota dewan,”Ungkapnya.

Fatrolazi menambahkan Musyawarah dan mufakat wajib dipakai oleh orang Indonesia, namun jika pada saat musyawarah tidak tercapai, maka menggunakan tahap selanjutnya adalah voting.

“Musyawarah itu wajib, itu Tahapan pertama tapi kalau musyarah tidak tercapai maka kita menggunakan Voting,”Ungkapnya lagi.

Jika nanti sistem pemilihan dilakukan secara voting, fatrol tidak terlalu memusingkan teknis pemilihan, menurutnya baik dicoblos ataupun dicontreng semua sama asalkan  pada saat pemilihan oanglain tidak tahu siapa yang dipilih dari yang bersangkutan.

“Kalau pemungutan suara, tingkat pemahaman anggota dewankan sudah diketahui,apapun teknisnya nanti mau dicontreng atau dicoblos semuanya sama, asalkan memilih, tidak golput,”Ujarnya lagi.

Fatrolazi menghimbau sebagai anggota dewan untuk tidak golput pada pemilihan mendatang. ”Sebagai warga negara yang baik kita tidak boleh golput,”Ujarnya lagi.





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *