Kemana Uang Pembebasan Lahan Seluma ?

Oleh Tgl: June 11, 2013

BENGKULU, (Bengkulu Online) – Masalah tindak korupsi pembebasan lahan untuk pabrik semen yang saat ini diusut oleh Kejati Bengkulu tampaknya semakin rumit apalagi salah anggota Pansus di DPRD Provinsi kala itu tidak tahu menahu.

Dizaman DPRD Provinsi Bengkulu, pembebasan lahan untuk pabrik semen merupakan Salah satu proyek multiyears, Salehan anggota dewan Komisi 1 DPRD Provinsi Bengkulu pada waktu salah satu anggota pansus pembebasan lahan, tidak tahu kemana uang, dan kepada rekan media, Senin (10/6) dirinya menyarankan media membantu mengusut kasus tersebut.

“Kontraktornya ada siapa?, tolong tunjuk lahan nya dimana, Sekarang kalian gali dulu, dana nya apbd ada, berapa dananya,? lahannya dimana?.Tendernya siapa?,Jadi kami DPRD sudah giring itu, tapi sekarang mandek, kalian itu bantu usut,”Ungkapnya

Pembebasan lahan yang berlokasi di Lubuk Resam tersebut mengambil lahan bekisar belasan hektar lahan tanam tumbuh, untuk membebaskan lahan itu Dana yang dialokasikan 3,5 milyar APBD dan APBN yang nominalnya belum diketahui, namun yang dikucurkan ke rakyat cuma 500 juta, sisanya belum diketahui kemana, lari kemana sisa dana tersebutlah menjadi pertanyaan bagi masyarakat.

Pembebesan lahan pabrik semen didalamnya juga ada lahan tumbuh jarak ini, diungkapkan salehan bahwa dirinya tidak terlibat dalam masalah itu meskipun kala itu dirinya anggota Pansus.

“Beberapa uang negara yang gag ada bekasnya, Kalau itu kan ada lahannya, dulu waktu pembebasan lahan itu sudah diperhitungkan dengan dana sekian, usut masalah yang gag ada bekasnya seperti jarak, lahan jaraknya mana, kalau ada mana pohon jaraknya,? Tunjuk. Bagusnya kalian itu cari tahu kemana dananya, berapa, siapa yang mengerjakan, sisanya kemana, nah itu yang harus kita kaji, bukan tanam jarak saja,”Pungkasnya.

“Coba cek di rekening saya kalau ada kucuran dana dari situ,saya berani,”Tegasnya lagi untuk membuktikan kalau dirinya tidak terlibat dalam hilangnya uang untuk rakyat itu.(Cy*)

 

 





One Comment

  1. Drs Iksannazir SH

    June 30, 2013 at 11:43

    APA BETUL LOKASI PABRIK SEMEN SELUMA MASUK DI DALAM HUTAN HPT, faktanya sejak ratusan tahun lalu lahan yang dibebaskan itu adalah kebun kopi masyarakat

Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *