2013, DPRD Benteng Targetkan Terbit 15 Perda

Oleh Tgl: June 24, 2013
IMG_0085

BENGKULU,JB- Di usia Kabupaten Bengkulu Tengah ke-5 pada hari ini, Senin (24/6) Kabupaten Bengkulu Tengah secara bertahap terus melengkapi produk hukum (Perda) untuk mengatur tata pemerintahan dan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Jika ditahun 2012 lalu DPRD sebagai lembaga legilasi mensetujui 7 perda maka ditahhun 2013 ini, Lembaga legislasi menargetkan 15 Perda akan diterbitkan setelah diawal tahun berhasil menerbitkan 9 Perda.

“Target kami pada tahun ini sekitar 15 Perda, Namun bisa jadi lebih baik lagi tergantung kebutuhan daerah. Kalau 2012 lalu Perda yang dihasilkan diluar APBD dan pertanggung jawaban APBD dan Perda RT/RW, Perda Pajak Daerah, Perda Perizinan tertentu, Perda Jalan usaha, Perda penyertaan modal pada bank Bengkulu, Perda SDPD dan Perda RPJMD,”Kata anggota Badan Legislasi DPRD Bengkulu Tengah, Feri Hariadi.

Feri menambahkan untuk memaksimalkan pembahasan Raperda, pihaknya juga telah menjalin ikatan dengan bagian hokum secretariat daerah, sehingga raperda yang dimasukan merupakan prioritas kebutuhan daerah.

“Kami sudah menjalin MoU dengan bagian hokum, jadi setiap SKPD yang akan mengajukan Raperda harus dimasukkan terlebih dahulu pada bagian hokum. Kemudian bagian hokum akan melakukan telaah dan merunut Raperda berdasarkan skla prioritas, sehingga Raperda dimasukkan pada kami adalah Raperda yang prioritas dilakukan pembahasan, sehingga pembahasan bisa efektif dan sesuai kebutuhan,”Kata Feri.

Selain itu, Feri menghimbau setiap SKPD segera menyusun program legislasi daerah (Proglenda) dan menyampaikannya pada bagian hokum setdda, sehingga bisa segera dilakukan telaah hokum terlebih dahulu sebelum dilaksanakan pembahasan di Badan Legislasi.

“Proglenda ini penting untuk efektivitas pembahasan di dewan, jadi bila ada Raperda maka silahkan disampaikan ke bagian hokum bukan langsung ke Banleg. Sebab ini sudah menjadi aturan main tahun ini, dengan demikian maka aka nada tolak ukur dan tertib administrasi, jadi tidak ada lagi Raperda yang mengendap di dewan,”Ungkapnya lagi.(Cy*)





Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *