Bentuk Kabupaten Lembak Presidium Rintis Sejak 2006

Oleh Tgl: May 14, 2013
paripurna pemekaran lembak

Sudah dari dulu kita usulkan calon kabupaten Lembak ini dengan anggota tujuh kecamatan yakni Kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu, Binduriang, Sindang Kelingi, Sindang Dataran dan Kota Padang

Ishak Zaidin

BENGKULU – Rasa Syukur jelas terpancar dari Ketua Presidium Pemekaran Kabupaten Lembak, Ishak Zaidin setelah pembentukan calon Kabupaten Lembak disetujui oleh DPRD Provinsi Bengkulu sebagai daerah otonomi baru, Selasa (14/5).

Kepada jurnalis Ia menceritakan bahwa usulan pemekaran Lembak sudah dicetuskan dan mulai dirintis sejak tahun 2006 lalu dengan 10 orang tim inti, di mana tujuh kecamatan akan menjadi bagian dari calon Kabupaten Lembak.

“Sudah dari dulu kita usulkan calon kabupaten Lembak ini dengan anggota tujuh kecamatan  yakni Kecamatan Padang Ulak Tanding, Sindang Beliti Ilir, Sindang Beliti Ulu, Binduriang, Sindang Kelingi, Sindang Dataran dan Kota Padang,” Katanya.

Ishak mengatakan secara umum tidak ada kendala dalam persyaratan untuk membentuk daerah otonomi baru itu. “Seluruh persyaratan sudah lengkap, tidak ada lagi kendala bagi pemerintah pusat untuk tidak menyetujui usulan kami,” katanya.

Dijelaskan Ishak tujuan pemekaran untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperpendek rentang kendali pemerintahan.

“Dari beberapa desa pelosok menuju ibu kota kabupaten sangat berat ongkos perjalanannya. Dari sisi perekonomian juga sangat penting karena selama ini seluruh hasil bumi dipasok ke Kota Lubuklinggau Sumatera Selatan,” Jelasnya.

Selain itu, menurutnya eks-kewedanan Padang Ulak Tanding merupakan satu-satunya kewedanan di wilayah Provinsi Bengkulu yang belum mekar menjadi kabupaten, padahal Kabupaten Rejanglebong sebagai kabupaten induk saat ini sudah mekar menjadi tiga kabupaten yakni Kepahiang dan Lebong.

Sementara itu, ditempat yang sama Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah mengharapkan seluruh masyarakat di tujuh kecamatan yang menjadi calon Kabupaten Lembak bersabar selama proses pemekaran di tingkat pusat berjalan.

“Masyarakat harus sabar menunggu kepastian pembentukkan Lembak ini ditingkat pusat dan kepada para presidium pemekaran saya sangat mengharapkan masukan positif dalam setiap permasalahan yang mungkin muncul selama proses penggodokan di tingkat pemerintah pusat ini,” Demikian Gubernur Bengkulu Junaidi.(Cy*)


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:



Tulis Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *